Elang Khatulistiwa Resmi Bersarang di Malang

PAKIS – Sejak sepekan belakangan, aktivitas di Lanud Abdulrachman Saleh lebih sibuk. Itu terjadi lantaran dua pesawat tempur datang ke sana. Yang pertama, yakni pesawat berjenis Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak, serta pesawat jenis Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30 dari Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. ”Kru dan pesawat Hawk 109/209 datang lebih dulu. Pertengahan Juni lalu,” terang Kepala Penerangan Lanud Abd Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio.

Dari penjelasannya, diketahui bila pesawat berjuluk Elang Khatulistiwa itu hadir di sana untuk mengasah kemampuan para pilotnya. Latihan penembakan bom dari pesawat udara ke darat juga dilakukan. ”Sasaran tembaknya di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Lumajang,” tambah dia. Hal serupa juga dilakukan kru dan pesawat Sukhoi SU 27 dan Sukhoi SU 30.

Datang sejak Jumat (21/6) pekan lalu, mereka juga melatih keterampilan para pilotnya. Dari penjelasan Dodo, diketahui bila dua pesawat tempur canggih itu bakal disiapkan untuk pelaksanaan latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha di bulan Juli mendatang. ”Keterampilan kru pesawat harus terus di-upgrade, itulah alasan utama pentingnya dilakukan latihan secara kontinyu,” tutup Dodo.

Pewarta : Imron Haqiqi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya