El-Dinar Finance House, Bikin Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang Mahir di Dunia Perbankan

KOTA MALANG – Fakultas Ekonomi Jurusan Perbankan Syariah S1 UIN Malang punya cara sendiri untuk mempersiapkan anak didiknya dalam menghadapi dunia kerja kelak setelah lulus.

Pada tahun 2016 lalu, Jurusan ini mendirikan laboratorium keuangan bernama El-Dinar Finance House yang digunakan praktik kerja mahasiswanya sebagai pegawai bank syariah.

“Kan S1 itu banyak teorinya di kelas. Lah perusahaan-perusahaan itu butuh fresh graduate yang sudah terlatih kerja di bank dan banyak pengalaman memanage uang di bank. Karena itu, kita hadirkan El-Dinar untuk mahasiswa,” tutur kepala Lab El Dinar Finance House, Esy Nur Aisyah, S.E, MM

Di El- Dinar Finance House, mahasiswa dilatih untuk mengatur perputaran uang asli dari nasabah yang merupakan mahasiswa UIN Malang, Dosen, beserta karyawan.

“Sebelum ada El-Dinar ini akan ada lab juga tapi uangnya mainan. Sekarang, itu uangnya asli dan nasabahnya juga asli dari mahasiswa UIN Malang, Dosen, hingga karyawan kira-kira totalnya 700,” tutur Esy.

Dari proses pembukaan tabungan, penarikan uang, sampai proses pencataatan keuangan, kata Esy, dilakukan oleh mahasiswanya yang tergabung dalam komunitas El- Dinar. Namun, lanjut ia, kalau ada kesalahan seperti tidak imbangnya pencatatan keuangan, ia turun mendampingi anak didiknya.

“Kadang anak-anak masih ada salahnya. Wajar latihan kan. Saya di situ turun membantu. Soalnya banyak juga uangnya setiap harinya itu bisa sampai 3 juta transaksi. Jadi dilatih rasa tanggung jawabnya di sini,” ujarnya.

Selain melatih rasa tanggung jawab dan kejujuran dengan me-manage keuangan di lab yang terletak di lantai satu Fakultas Ekonomi UIN Malang, Esy mengatakan, mahasiswanya yang berjumlah 15 orang itu juga dilatih cara berkomunikasinya, yakni ketika mereka mencari nasabah baru El Dinar Finance House.

“Kan mereka ini nggak hanya di kantor mereka harus landing ke mahasiswa atau dosen untuk menawarkan pembukaan tabungan baru di El Dinar. Jadi komunikasi soft-skillnya juga dilatih,” tuturnya.

Hal ini pun dibenarkan oleh salah satu mahasiswa FE Jurusan Perbankan Syariah S1 Semester 5, Fitri Jayadiningrah. Dikatakannya selama mengikuti komunitas El Dinar Finance House ini dirinya jadi semakin terlatih soft-skillnya.

“Kalau komunikasi itu pasti ya. Aku dulu awalnya malu-malu sih ngomong tapi lihat temen-temen bisa. Akhirnya belajar dan sekarang jadi gak kaku kalau ngomong ke calon nasabah gitu,” tuturnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia