Ekspor Kendaraan Roda Dua Naik 34 Persen

JawaPos.com – Penjualan sepeda motor di pasar domestik pada semester kedua tahun ini mulai melambat. Namun, untuk performa ekspor, kondisinya justru tercatat positif. Pelaku usaha optimistis bahwa target ekspor roda dua tahun ini bisa tercapai.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, selama periode Januari–Oktober 2019, ekspor motor buatan dalam negeri tumbuh 34 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat, total ekspor pada periode itu adalah 682.325 unit, naik dari sebelumnya 507.410 unit. Capaian tersebut sekaligus menjadi angka ekspor kendaraan roda dua tertinggi paling tidak dalam lima tahun terakhir.

”Performa ekspor kami sangat baik, hal ini disebabkan harga motor produksi Indonesia kompetitif dan memenuhi standar internasional,” ujar Ketua Bidang Komersil AISI Sigit Kumala, Jumat (6/12).

Dia menjelaskan, target pelaku usaha mengenai ekspor adalah 10 persen dari total penjualan motor di Indonesia.

Kementerian Perindustrian berharap pelaku industri dapat menambah kapasitas produksi roda dua seiring pertumbuhan pasar yang makin menjanjikan. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika menyatakan, pasar di dalam negeri dapat berkembang seiring dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita di Indonesia.

”Pembelian kendaraan itu sangat terkait dengan pendapatan per kapita masyarakat. Kalau sudah naik, pembelian kendaraan bermotor akan meningkat tinggi dengan sendirinya,” ujarnya.