MALANG- Donasi para konsumen Alfamart berupa uang pegembalian saat berbelanja, dimanfaatkan untuk beragam kegiatan sosial. Salah satunya adalah dengan santunan berupa bahan kebutuhan pokok ke sejumlah anak panti asuhan dan pondok pesantren (Ponpes) yatim dan duafa. Terbaru Senin kemarin (18/7/2022) aksi santunan diberikan ke Ponpes Nur Ilahi di Desa Tangkilsari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.
Di ponpes berpenghuni sekitar 130 santri dari kelompok usia sekolah SD hingga SMA ini, PT Sumber Alfaria Trijaya ini menyalurkan lebih kurang 50 paket sembako berisi beras, gula, bumbu masak, serta minyak goreng. Kepada Radar Malang, Gus Sobri salah satu putra pengasuh pondok, mengatakan sangat berterima kasih atas kepedulain yang diberikan oleh Alfamart kali ini. “Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, Semoga kepedulian ini membawa manfaat bagi kemajuan usaha perusahaan Alfamart,” kata pria yang masih kuliah di IKIP Budi Utomo Malang ini.
Selama ini untuk mencukupi kebutuhan operasional pondok, tidak pernah mengajukan bantuan semisal membuat proposal kepada pemerintah ataupun swasta. “Para donator tergerak dengan sendirinya untuk datang ke pondok dan menyampaikan kepeduliannya kepada para santri yang mayoritas adalah dari kalangan duafa,” katanya.
Usai penyerahan, dilakukan doa bersama yang diikuti oleh anak-anak santri yang dipimpin oleh salah satu pengurus pondok. Turut serta dalam aksi sosial ini, karyawan Alfamart dan Mochammad Faruq Azrori selaku Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT).
Sementara itu, Mochammad Faruq Azrori mengatakan bahwa secara nasional donasi konsumen yang dihimpun oleh Alfamart nilainya rata-rata di atas Rp 1 Miliar. “Khusus di Juni 2022, nilainya mencapai sekitar Rp 1,3 Miliar,” katanya. Dalam sepekan terakhir, bantuan paket sembako diberikan ke Masjid Nurul Iman, Kecamatan Karangbesuki, Kota Malang. Kemudian Ponpes Ar Rosyad Ringinrejo Kabupaten Kediri. Lalu Masjid Babul Jannah, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dan terakhir sekarang ini di Ponpes Nur Ilahi, Tajinan, Kabupaten Malang.
Dalam mengelolah dana konsumen ini, Alfamart menggandeng 4 yayasan yakni Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI), LazizMU LazizNU dan terakhir Mizan Amanah. Ditegaskan Faruq, sebagai perusahaan ritel yang berkembang di masyarakat, Alfamart sangat peduli terhadap kesehatan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. (mas)