Ekonomi AS Tumbuh Terlalu Cepat, The Fed Bakal Naikkan Suku Bunga | JawaPos.com

Ekonomi AS Tumbuh Terlalu Cepat, The Fed Bakal Naikkan Suku Bunga | JawaPos.com



JawaPos.com – Pejabat Bank Sentral Amerika Serikat The Fed terus membahas tentang kenaikan suku bunga acuan dalam waktu dekat. The Fed tengah menghadapi kondisi dimana ekonomi AS tengah tumbuh semakin kuat. Apabila ekonomi tumbuh terlalu kuat dikhawatirkan inflasi dapat naik secara tetap diatas target.


Risalah dari Rapat Dewan Gubernur The Fed terakhir menunjukkan rencana kenaikan suku bunga selain untuk melawan kekuatan ekonomi yang berlebihan juga untuk memeriksa bagaimana perselisihan perdagangan global. The Fed telah menaikkan suku dua kali tahun ini dan secara luas diperkirakan akan mengetatkan kebijakan lagi bulan depan.



“Banyak peserta menyarankan bahwa jika data yang masuk terus mendukung prospek ekonomi mereka saat ini, kemungkinan akan segera tepat untuk mengambil langkah lain dalam menghapus akomodasi kebijakan,” demikian dikutip dari Risalah The Fed.


Berdasarkan risalah, para pembuat kebijakan Fed umumnya mencatat bahwa pengeluaran oleh rumah tangga dan bisnis AS tampaknya memiliki momentum yang cukup besar.


“Saya membaca ini sebagai konfirmasi lebih lanjut bahwa Fed secara tegas dalam mode pengetatan dan sangat tidak mungkin terhalang dari jalan itu,” kata Jeff Greenberg, seorang ekonom di J.P. Morgan Private Bank dilansir JawaPos.com dari Reuters, Kamis (23/8).


Pejabat The Fed juga umumnya memperkirakan ekonomi akan tumbuh pada tingkat yang cukup cepat untuk meningkatkan tekanan inflasi, yang baru-baru ini mendekati target bank sentral. Dengan kenaikan suku bunga, banyak pembuat kebijakan mengatakan the Fed akan segera berhenti menggambarkan kebijakan moneter sebagai dorongan untuk ekonomi.



(uji/JPC)