Edgy dan Trendi, Intip 13 Busana Asimetris Karya Abirani

JawaPos.com – Bosan dengan gaya busana itu-itu saja, Anda bisa melihat inspirasi gaya busana karya desainer Abirani. Dia memadukan berbagai bahan dengan paduan asimetris yang edgy dan trendi.

Sebanyak 13 set busana karya Abirani ditampilkan dalam gaya constructed-edgy di Jakarta Fashion Week (JFW) 2020. Tetap dalam nuansa unisex yang berjudul ‘Emotion’, koleksinya mampu menarik perhatian penonton JFW 2020.

Rani, sapaannya, melihat bahwa waktu berjalan seiringan dengan emosi, yang diterjemahkan menjadi potongan-potongan busana asimetris, dalam warna yang bercerita. Terlihat unsur denim juga kental dalam potongan-potongan asimetris tersebut. Dipadukan dengan warna terang untuk menggambarkan emosi yang kental.

Koleksi unisex dari Abirani berjudul Emotion di JFW 2020. (Tim Muara Bagdja)

Keterampilan utama Rani memecah pola menjadi potongan-potongan tidak terduga. Seperti puzzle, potongan itu harus disatukan dengan jahitan. Menjadi sangat rumit ketika tiap potong terbuat dari bahan yang sama sekali berbeda satu sama lain baik tekstur maupun jenisnya. Dalam satu set pakaian, Rani dapat memasukkan 20 unsur yang berbeda.

Rani menggunakan embellishment yang tidak biasa seperti, pita, webbing, smock, kelingan, kaitan tas, dan mata itik untuk mengayakan desainnya. Webbing atau tali yang digunakan menjadi benang merah busana untuk menggambarkan bahwa tiap waktu saling berkaitan, tiap emosi saling berhubungan.

Dalam gaya padu padan yang sangat modern, tas, sepatu dan kacamata menjadi pelengkap busana. Rani salah satu dari sedikit desainer muda yang berhasil mengolah bahan sebagai gambaran dari pertanggungjawabannya sebagai seorang perancang mode.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani