Duuuh, Kasihan Mama Dedeh Asli

Yang Laporkan Bupati Talaud Sri Wahyumi ke Tjahjo, Ternyata! - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE, JAKARTA – Pengelola akun fanspage Mamah Dedeh kerap menyebarkan informasi sesat. Bahkan, jauh dari konteks syiar agama seperti nama tokoh yang digunakan.

Tidak jarang, akun Mamah Dedeh palsu yang beralamat di facebook.com/Mamah-Dedeh-178588932548143 itu menyebarkan informasi yang berbau ngeres.

Kadang juga menyebar foto heboh yang kemudian diberi narasi palsu. Contohnya, pada 12 Januari lalu, mereka menyebarkan foto yang disebut bayi baru lahir.

”Bayi baru lahir tadi ini seperti ikan duyung. Yang melihat sejenak komen amiin semoga bayi ini sehat dimudahkan semua urusan aamiin.. Gak punya hati aja bisa abaikan!” Begitu caption foto yang menyertai gambar bayi dengan kaki ekor ikan.

Setidaknya Jawa Pos menemukan pengelola akun Mamah Dedeh itu memiliki 13 akun fanspage lainnya. Kemungkinan semua akun itu diternak dan kelak dijual kepada mereka yang membutuhkan.

Nah, foto bayi dengan ekor ikan tersebut bukanlah manusia asli. Itu hanyalah patung realis karya seniman Amerika Serikat Tristan Schane. Dia memang piawai membuat patung maupun gambar tiga dimensi.

Anda bisa menemukan karya Tristan Schane, yang disebut akun Mamah Dedeh palsu sebagai bayi baru lahir, di halaman Pinterest. Ketik saja ”Tristan Schane Mermaid”.

Hingga tadi malam, posting-an hoaks itu sudah dibagikan 1.133 kali oleh netizen. Hayo, Anda mau ikut dibodohi peternak akun Facebook yang membawa-bawa nama penceramah?