Dulu Kandidat Cawabup PKB, Sekarang Kandidat Cabup PDIP

KEPANJEN – Sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman sejatinya lebih dekat dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apalagi, pada Pemilihan Bupati (Pilbup) 2015 lalu, Umar ‘nyaris’ menjadi calon wakil bupati dari PKB untuk mendampingi incumbent, Rendra Kresna.

Ya, pada 2015 itu, Umar menjadi satu di antara empat nama kader PKB yang diusulkan untuk menjadi pendamping Rendra. Tiga nama lain adalah Abdulrahman, Sanusi, dan HM Soleh.

Pada akhirnya, DPP PKB memilih Sanusi sebagai cawabup yang mendampingi Rendra. Saat Rendra tersandung kasus korupsi, Sanusi menjadi Plt Bupati Malang.

Meski secara kultural lebih dekat dengan PKB, Umar ternyata membuka peluang untuk maju pilbup lewat partai lain.

Terbaru, dia mencoba peruntungan di PDIP.



Pria yang saat ini menjabat sebagai Direktur RSUD Kota Malang tersebut mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati di kantor PDIP, siang ini (11/9).

Mempersatukan paham religious dengan nasionalis, menjadi salah satu alasan mengapa Umar ingin maju lewat PDIP. “Alasan keduanya karena yang membuka pendaftaran pertama kali ya di PDI Perjuangan ini,” paparnya.

“Saya kesini juga sudah mendapat dukungan dari beberapa sesepuh serta kiai NU di Kabupaten Malang,” sambung dia.

Lebih lanjut, Umar mengatakan bahwa, ada sebuah program yang ia tawarkan untuk Kabupaten Malang. “Dokter rakyat ini merupakan salah satu program yang coba saya tawarkan,” tutur Umar.

Lewat dokter rakyat, Umar ingin menjadikan Kabupaten Malang sehat. Tidak hanya sehat di pendidikannya, tapi juga di ekonomi. “Juga sehat akhlak dan generasi mudanya,” tambah Umar.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: PDIP Kabupaten Malang
Editor : Indra M