Dulu Dianggap Alay, TikTok Kini Lampaui Instagram dan Facebook

Dulu Dianggap Alay, TikTok Kini Lampaui Instagram dan Facebook

JawaPos.com – Aplikasi TikTok yang dulu dianggap sebagai aplikasi alay kini berubah menjadi populer. Aplikasi yang memunculkan nama Bowo Alpenliebe itu kini berhasil mengalahkan bahkan Facebook, Instagram, dan YouTube untuk angka unduhan sepanjang 2019.

Data tersebut diungkapkan oleh firma riset SensorTower. Sebagaimana dikutip JawaPos.com dari laman resminya, Minggu (19/1), pada 2019 lalu dikatakan membuahkan hasil bagi pengembang aplikasi. Selama 12 bulan terakhir, unduhan tumbuh 9,1 persen menjadi 114,9 miliar dengan 30,6 miliar di antaranya di App Store dan 84,3 miliar dari Google Play.

WhatsApp, Facebook, Messenger, dan Instagram masih menduduki empat dari 5 tempat teratas. Namun kali ini, TikTok melonjak dari posisi keempat pada 2018 ke tempat kedua sepanjang 2019 karena popularitasnya di pasar seperti India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Laporan ini memberikan perhatian khusus pada Q4 2019, yaitu antara 1 Oktober dan 31 Desember 2019. Aplikasi lain selama periode itu seperti Call of Duty adalah game yang paling diinginkan, dengan lebih dari 180 juta unduhan. Game yang berada di posisi kedua Sand Balls mendapat separuh dari perolehan Call of Duty.

Ilustrasi: SensorTower ungkap TikTok jadi aplikasi paling banyak diunduh sepanjang tahun 2019. (SensorTower).

Pendapatan dari TikTok juga diungkapkan tumbuh 540 persen per tahun. Pengguna terbanyak dari TikTok tetap sebagian besar berasal dari Tiongkok dengan mereka juga setia melakukan pembelian dalam aplikasi atau In App Purchasing.

TikTok yang namanya kian populer pada 2019 juga dikatakan memiliki pendapatan hingga USD 40 juta atau sekitar Rp 545,9 miliar. Pendapatan ini tercatat hingga Desember 2019, menempatkan aplikasi besutan ByteDance ini berada di posisi ke 7 sebagai aplikasi dengan pendapatan tertinggi dari kategori non-game.

Masih dari SensorTower, aplikasi video sosial TikTok adalah aplikasi non-game keempat yang paling banyak diunduh di dunia selama 2019 lalu dengan angka unduhan mencapai 655,8 juta pemasangan.

Aplikasi non-game ketiga yang paling banyak diunduh tahun ini berada di atas TikTok adalah WhatsApp di posisi nomor 1 dengan 707,4 juta pemasangan dan Messenger di nomor dua dengan 636,2 juta unduhan. Facebook berada di nomor empat dengan 587 juta unduhan dan Instagram di nomor lima dengan 376,2 juta unduhan.

Ramai Di Tanah Air

Kepopuleran TikTok juga kian terasa di tanah air. Bahkan kini, di feed Instagram ramai ditemui video-video pendek TikTok oleh selebritas tanah air.

Selebriti papan atas pun kini mulai banyak yang menggunakan TikTok. Kebanyakan video yang mereka tampilkan adalah dance cover dengan potongan lagu pendek.

Dian Sastrowardoyo, Gisella Anastasia, Marion Zola, Vanessa Angel Agnez Mo dan bahkan artis senior Slamet Rahardjo adalah sedikit dari para pelaku seni tanah air yang mulai bermain TikTok. Tak hanya itu, pengacara kondang di tanah air Hotman Paris Hutapea juga baru-baru ini kedapatan bermain TikTok dengan meniru gerakan dance yang tengah populer.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto