Dule Awasi Pemain yang Merokok

MALANG – Para pemain Arema FC kini tidak bisa berleha-leha lagi. Ini setelah ada pelatih fisik asal Serbia, Dusan Momcilovic. Dule –sapaan akrab Dusan Momcilovic– melarang keras skuat Singo Edan mengonsumsi minuman keras dan merokok. ”Semua aspek nanti akan kami awasi,” ucapnya.

Dule menjelaskan bahwa aspek-aspek tersebut akan melihat pola aktivitas pemain kemudian mengontrolnya. ”Makanan, nutrisi, recovery, waktu istirahat, semuanya,” tambah bapak tiga anak itu. Hal ini tentu diharapkan bisa mengontrol kondisi fisik pemain Arema FC.

Untuk diketahui, sama seperti sebagian penduduk Indonesia, beberapa pemain Arema juga perokok yang tentu dapat mempengaruhi fisik, stamina, serta kapasitas oksigen dan kesehatan paru-paru mereka.

Padahal, rencana klub berjuluk Singo Edan mendatangkan seorang pelatih asing itu adalah untuk menjaga agar kondisi para pemainnya tetap prima.

Menanggapi hal itu, Dule mengaku bahwa untuk saat ini memang berat mengoptimalkan kemampuan para pemain. ”Bayangkan saja, dalam 2–3 tahun ini mungkin para pemain tidak ada latihan menjaga fisik. Tentu ini sangat susah,” tambah mantan pelatih fisik Simba Dar FC Tanzania itu.



Kata Dule, sebenarnya latihan fisik membutuhkan dua sampai tiga bulan sebelum akhirnya siap untuk mengarungi sebuah kompetisi. ”Sekarang saya hanya memiliki waktu satu bulan,” ucapnya. Sebab, pada Januari 2018 mendatang sudah ada turnamen pra musim berupa Piala Presiden.

Mengatasi hal itu, selain dirinya, Dule juga akan mendiskusikan hal tersebut dengan berbagai elemen tim. ”Nanti akan kita bicarakan semuanya dengan manajer. Sedangkan untuk kebutuhan suplemen akan kami bicarakan dengan dokter,” tandas pelatih berusia 53 tahun itu.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Gigih Mazda