Dukung Produknya Naik Kelas, Unikama Kini Punya Agromart

KOTA MALANG – Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) mendobrak stigma jadi kampus yang mampu mengembangkan integrated farming jadi sebuah AgroMart di kampus.

Bila biasanya kampus hanya punya minimarket biasa, perguruan tinggi yang berlokasi di Sukun, Kota Malang ini bisa kini dibilang satu-satunya di Indonesia yang punya AgroMart sendiri di dalam kampus.

Hal ini setelah diresmikannya AgroMart mereka yang berada di pintu gerbang kampus persis.

“AgroMart Unikama ini satu unit usaha pengembangan dari integrated farming kita di Wagir. Kami ingin menyediakan kebutuhan untuk kalangan keluarga besar Unikama dulu,” tukas Henny Leondro S.Pt MP, Manager Farm Integrated Farming Unikama yang ada di Wagir saat sambutan dalam acara peresmian AgroMart Rabu, (11/12).

Di dalamnya, ada produk-produk yang kebanyakan hasil pengembangan makanan olahan dari Fakultas Peternakan seperti susu, makanan ringan macam rambak kulit ikan, daging, ayam fresh, dan lainnya. Ada juga olahan produk pertanian seperti salad buah. Ada juga berbagai produk susu dan olahannya.

“Mudah-mudahan AgroMart ini bisa jadi wahana pembelajaran, terutama untuk kewirausahaan. Kami berharap niatan kami, banyak memberikan manfaat untuk Unikama dan sekitarnya,” tutupnya. Ke depan, Unikama juga punya mimpi besar bisa mengembangkannya jadi eduwisata peternakan hingga pertanian yang terintegrasi.

Wajah puas Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si jelas terpampang saat hadiri pembukaan AgroMart yang tak hanya diisi produk Unikama ini. Ia mengapresiasi inisiasi Fakultas Peternakan Unikama menjadikan AgroMart jadi wadah praktikum mahasiswa sekaligus unit bisnis terintegrasi.

“Yang ada di Wagir bukan hanya milik Fakultas Peternakan saja, tapi juga bisa menjadi lokasi untuk proses pembelajaran Fakultas lain, bagaimana efek masyarakat sekitar juga bisa dipelajari,” tukasnya.

Ia berharap nantinya AgroMart tidak hanya jadi ajang showcase produk dan diskusi, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai praktik kewirusahaan. “Mungkin nanti bisa ada rombong-rombong makanan,” tandasnya.

Ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP PT) PGRI Malang Drs. H. Soedjai mengaku senang dengan realisasi integrated farming dalam bentuk AgroMart ini. “Saya yakin dengan AgroMart ini, Unikama akan cepat dan makin dilirik jadi kampus yang baik kedepannya,” singkatnya saat memberi sambutan.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia