Duh, Trump Sangkal Klaim Netanyahu Soal Kedutaan AS Pindah ke Yerusale

Duh, Trump Sangkal Klaim Netanyahu Soal Kedutaan AS Pindah ke Yerusale

Memindahkan kedutaan, ujar Trump, akan memakan waktu lebih lama dari setahun. “Bukan akhir tahun, kita membicarakan skenario yang berbeda,” kata Trump seperti dilansir Haaretz, Rabu, (17/1).

Trump menjelaskan, maksudnya itu hanya akan bersifat sementara. Ia mungkin mengisyaratkan sementara kedutaan tidak akan pindah secara keseluruhan. Mungkin dilakukan beberapa pengaturan untuk memungkinkan lebih banyak pekerjaan kedutaan berlangsung di Yerusalem.

Kota Suci Yerusalem
(AFP)

Netanyahu mengatakan, Kedutaan Besar AS akan pindah ke Yerusalem tahun ini. Hal ini berdasarkan penilaian yang solid. Netanyahu menyatakan hal itu dalam kunjungan resminya ke India.

Netanyahu tidak mengatakan berdasarkan penilaiannya. Namun menjelaskan rencana pemindahan Kedutaan Besar AS tersebut merupakan satu dari serangkaian langkah kebijakan yang belum pernah terjadi sebelumnya.



Termasuk usulan Trump untuk membatalkan kesepakatan mengenai program nuklir Iran, juga keputusan AS untuk menunda pembayaran sebesar USD 65 juta kepada UNRWA, badan PBB yang membantu pengungsi Palestina.


(met/JPC)