Duh, sang Kapten kok Absen

Di saat Arema FC sedang berambisi menang atas PSM Makassar hari ini, badai cedera justru mendera Hamka Hamzah. Sehingga dia dipastikan absen. Padahal, sang kapten diharapkan menjadi benteng kokoh menahan gempuran serangan tim Juku Eja itu.

Arema  masih beruntung. Karena di saat Hamka absen karena cedera, tiga pemain yang sebelumnya cedera sudah siap tampil. Yakni, Arthur Cunha, Johan Alfarizie, dan Dedik Setiawan. Ketiganya sudah siap tempur.

Menurut dokter tim Arema FC Nanang Tri Wahyudi, ada dua persoalan menimpa Hamka. Selain kaki cedera, juga kesehatan fisik sedang kurang mendukung. ”Hamka Hamzah cedera hamstring dan terkena tifus,” ungkap Nanang Tri Wahyudi.

Kondisi yang dialami Hamka tersebut dialami pasca melawan PSM Makassar Rabu (2/10). Kini kondisi fisik Hamka terus dipantau. Dia diprediksi sudah bisa main kala Arema FC menjamu PS TIRA-Persikabo. ”Kondisinya berangsur membaik,” tutur Nanang.

Jika dipresentasikan kira-kira saat ini pemain berusia 35 tahun tersebut sedang berada di kondisi 70%. Jadi, dia (Hamka) hanya perlu terus beristirahat dan menjaga kondisinya.

Agar penyembuhan berjalan efektif dan pemain pernah bermain sebagai penjaga gawang itu bisa segera kembali ke lapangan. Cedera Hamka, dijelaskan oleh Nanang, murni karena pemain belakang itu mengalami kelelahan.

Terlebih, baru saja menepi (baca: absen) sekali saja sepanjang 20 pekan perjalanan kompetisi Liga 1 yang bisa dibilang mempunyai jadwal yang cukup mepet. ”Frekuensi pertandingan membuatnya kelelahan,” terang dia.

Sementara itu, saat ditanya wartawan koran ini apakah Arema FC kehilangan sosok pemimpin dengan absennya Hamka, sang pelatih Milomir Seslija mengiyakan hal tersebut. ”Hamka pemain lama di sini,” ujar pria berusia 55 tahun itu.

Namun, dia melanjutkan, tim Singo Edan sudah agak terbiasa dengan kondisi tersebut. Alhasil, dia telah menyiapkan antisipasi terkait tidak bisa tampilnya mantan pemain timnas tersebut.

Di mana saat latihan kemarin pelatih yang kerap disapa Milo tersebut mencoba beberapa pemain untuk masuk di posisi Hamka. Mulai dari Ikhwanul Alam, Rachmat Latief, sampai Jayus Hariono. Ketiganya akan dilihat perkembangannya untuk diketahui siapa yang tepat mengisi posisi jatung pertahanan Arema FC bersama Arthur Cunha.

Sedangkan siapa-siapa pemain layak mengisi ban kapten yang ditinggal mantan pemain Persik Kediri itu, Milo mengaku sudah menyiapkan sejumlah opsi. ”Mungkin Arthur, Konate, atau Hendro,” terangnya.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib