Duh! Pakai Tabir Surya Kadaluwarsa, Apa Efeknya?

MALANG – Kamu pasti sudah pernah mendengar dampak buruk dari penggunaan produk makeup maupun skincare yang kadaluwarsa. Tanggal kadaluwarsa suatu produk mungkin sulit dibaca atau dipahami, namun bukan berarti kamu boleh menggunakan produk yang telah kadaluwarsa.

Pernah dengar tentang tabir surya, apalagi yang sudah kadaluwarsa? Zat kimia dalam produk tabir surya yang terurai dalam jangka waktu lama membuatnya menjadi kurang efektif. Inilah yang kemudian membuat tanggal kadaluwarsa menjadi penting untuk diperhatikan, seperti dilansir dari self.com (18/9).

FDA telah merekomendasikan berbagai produsen untuk mengikuti pedoman standar pengujian stabilitas produk, sehingga tanggal kadaluwarsa pada botol tabir surya merupakan berbagai upaya ilmiah untuk memastikan produk tersebut efektif digunakan sampai dengan tanggal yang ditentukan, tidak setelahnya.

Memakai tabir surya yang telah melewati tanggal kadaluwarsa mungkin masih memberikan kekuatan perlindungan terhadap paparan sinar matahari, namun tidak semaksimal seperti saat awal pemakaian produk saat masih baru.

Sama halnya ketika Kamu menemukan produk yang telah berubah warna dan konsistensi, pertanda kamu harus segera membuangnya, ya! Sebagai pedoman, sebaiknya simpan produk tabir surya dengan suhu kamar untuk menjaga kestabilan bahan kimia di dalamnya.



Penulis: Elsa Yuni kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia