Dua Torehan Kopsis SMKN 1 Turen di Olikopsisnas

TUREN – Dua prestasi membanggakan sukses diukir anggota Koperasi Siswa (Kopsis) SMKN 1 Turen. Turun dalam Olimpiade Koperasi Siswa Nasional (Olikopsisnas) 2019 pada 9 November lalu, mereka mendapat dua penghargaan.

Dari lomba cerdas cermat dan lomba poster. ”Kami masing-masing mendapat predikat juara II nasional dalam dua lomba yang digelar Kopma Universitas Gadjah Mada (UGM) itu,” terang Kepala SMKN 1 Turen H. Sali Rochani SPd MMPd.

Juara II nasional lomba cerdas cermat disabet tim SMKN 1 Turen yang beranggotakan Ahmad Nurowi, Tria Oktavia, dan Izaac Fedrico Wibowo. Ketiganya adalah siswa kelas XII akuntansi.

Sementara juara II dalam lomba poster dimenangkan  siswa kelas XII akuntansi SMKN 1 Turen, Moch. Firlan Valerian. Sali menjelaskan, tim sekolahnya membutuhkan waktu satu bulan untuk persiapan turun dalam olimpiade tersebut.

Tahap awalnya dilakukan seleksi nasional via online. Dari sana ada 34 tim tersaring untuk final lomba cerdas cermat. Lomba poster mengerucutkan peserta menjadi 10 finalis. Di final lomba cerdas cermat, 34 tim disaring dengan mengerjakan esai individu untuk kemudian digabung dalam tim.

Dalam final tahap awal tersebut, terpilih 10 tim. Kemudian dilanjutkan dengan lomba esai kelompok dan menyaring 5 finalis yang diadu di babak cerdas cermat.

Untuk lomba poster, 10 finalis yang lolos tahap audisi online diminta mempresentasikan karyanya di depan dewan juri. Dan SMKN 1 Turen menunjukkan performa yang baik sehingga berhasil berada di posisi dua.

”Ini membanggakan. Kopsis SMKN 1 Turen tahun lalu sebenarnya juga lolos audisi online. Tapi, kami tidak bisa hadir karena bentrok jadwalnya,” tutup Sali.

Pewarta : Hay
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Bayu Mulya