Dua Tahun Zero Acciden Skadron Super Tucano Abd Saleh Raih Penghargaan Pangkoospau 2

PAKIS – Prestasi membanggakan diraih oleh Skadron 21 Pesawat Super Tucano Lanud Abdulrachman Saleh. Batalyon satuan angkatan udara yang bermarkas di Kecamatan Pakis ini mendapatkan penghargaan Zero Accident Award Tahun 2018.

Penghargaan ini diserahkan oleh Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II Marsda TNI Fadjar Prasetyo dalam peringatan HUT Koopssau yang ke-67, Jumat (22/6) lalu.

Diterima oleh Komandan Skadron Udara 21 Letkol Pnb Hery Setiawan, penghargaan Zero Accident Awards ini diberikan atas prestasi skadron 21 dalam menghindari serious incident (kejadian serius). “Termasuk didalamnya yakni accident (kecelakaan) maupun kejadian serius lainnya yang menimbulkan kerugian personel maupun materiil selama dua tahun belakangan,“ terang Hery.

Atas prestasi tersebut, Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Andi Wijaya menyampaikan bahwa prestasi yang diraih oleh Skadron 21 ini juga harus diikuti oleh seluruh skadron udara yang berada di Lanud Abd Saleh.

“Caranya harus dimulai dimulai dari kepedulian, pembinaan personil, dan pemeliharaan yang teliti, serta latihan yang disiplin,” ujar Andi. Bukan terlena dengan prestasi yang sudah diraih, seluruh jajaran pasukan di Lanud Abd Saleh justru memiliki PR besar yakni mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas keprajuritan mereka.

Selain Lanud Abd Saleh, penghargaan tersebut juga diberikan kepada tiga skadron udara lainnya yakni Skadron Udara Pesawat T-50 Goldesn Eagle Lanud Iswahyudi Madiun, Skadron Udara 11 Pesawa Sukhoi Lanud Hasanuddin, dan Skadron Udara 5 Intai Maritim Pesawab Boeing Lanud Hasanudin Makassar. (iik)

Foto : Pentak Lanud Abd Saleh for Radar Kanjuruhan