Dua Rekor MURI untuk Tol Terpeka Garapan Hutama Karya

Dua Rekor MURI untuk Tol Terpeka Garapan Hutama Karya - JPNN.com

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto di depan gerbang tol Simpang Pematang, Lampung pada Jumat (15/11/2019). Foto: Antara/Aji Cakti

jpnn.com, MESUJI – Tol sepanjang 189 kilometer dari Terbanggi Besar di Lampung hingga Kayu Agung di Sumatera Selatan yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (15/11) mengantongi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ruas jalan bebas hambatan berjuluk Terpeka (Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung) itu mengantongi rekor tol terpanjang di Indonesia. Tol garapan Hutama Karya itu juga paling cepat pembangunannya, yakni 841 hari atau kurang kurang dari 2,5 tahun.

Penyerahan Rekor MURI dilakukan bersamaan dengan peresmian Tol Terpeka di Gerbang Toln (GT) Simpang Pematang, Mesuji, Lampung. Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, Tol Terpeka yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) itu terhubung dengan berbagai kawasan-kawasan produktif.

Dia meyakini Tol Terpeka akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. “Hal ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera,” kata Bintang dalam laporannya saat peresmian Tol Terpeka.

Bintang menjelaskan, Tol Terpeka setelah peresmian itu langsung dioperasikan dan bisa dilalui masyarakat. Tol Terpeka melengkapi jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan beroperasi sejak bulan lalu.

Lebih lanjut Bintang memerinci, Tol Terpeka terbagi menjadi dua seksi. Untuk Seksi I adalah ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang yang membentang sejauh 112 kilometer.

Adapun Seksi II adalah ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 77 Km. Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, enam simpang susun dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari wilayah Lampung menuju Sumatera Selatan ataupun sebaliknya.

Tol Terpeka dilengkapi dengan 6 gerbang tol (GT), yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188.