Dua paslon gubernur dan wagub Jatim penuhi syarat kesehatan

Dua paslon gubernur dan wagub Jatim penuhi syarat kesehatan

Ketua KPUD Jatim Eko Sasmito (kanan) menyerahkan berkas hasil pemeriksanan ke ketua tim pemenangan Khofifah – Emil, M. Roziqi dalam Rapat Pleno Terbuka di kantor KPUD Jatim, Surabaya, Rabu, (17./1)
(Moh Mukit/jawapos.com)

RADAR MALANG ONLINE — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Timur menetapkan dua pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang akan maju pada pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 memenuhi syarat dan dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani.

Masing masing pasangan calon yakni, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak yang diusung Partai yang telah mengkikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rs. Dr. Soetomo Surabaya pada tanggal 11-12 Januari 2017 lalu.

 “Dari syarat kesehatan kedua pasangan itu dinyatakan sehat jasmani dan rohani, serta bebas dari narkotika. Tim kesehatan juga mengatakan memenuhi syarat,” kata Ketua KPUD Jatim Eko Sasmito dalam Rapat Pleno Terbuka di kantor KPUD Jatim, Surabaya, Rabu, (17./1).



 Eko menjelaskan, dalam pemeriksaan dua pasangan calon tersebut pihaknya melibatkan banyak pihak. Seperti, dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jatim, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jatim. Sehingga, akurasi hasil pemeriksaan cukup kuat dan dinyatakan final.

 “Hasilnya cukup komprehensif. Dan hasil pemeriksaan ini sifatnya final. Sehingga, tidak bisa dilakukan pemeriksaan ulang untuk pembanding,” imbuh Eko.

Ketua KPUD Jatim Eko Sasmito (kanan) menyerahkan berkas hasil pemeriksanan M. Wahyu Hakim selaku learning officer (LO) Gus Ipul – Puti dalam Rapat Pleno Terbuka di kantor KPUD Jatim, Surabaya, Rabu,

 Usai penetapan, Eko juga menyerahkan berkas hasil pemeriksaan kesehatan kepada masing-masing calon. Untuk pasangan Khofifah – Emil berkas diterima oleh ketua tim pemenangan M. Roziqi. Sedangkan untuk pasangan Gus Ipul -Puti diterima oleh M. Wahyu Hakim selaku learning officer (LO). “Semoga tidak ada persolan lagi. Kita kita serahkan hasil ini ke calon atau yang mewakili,” pungkas Eko.

 Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur telah menerima dua pasangan Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur yang akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

 Masing masing pasangan calon yakni, Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak yang diusung Partai Demokrat, partai Golkar, partai NasDem, partai Hanura, PAN dan PKPI. Sementara calon kuat lainnya adalah Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno yang diusung PKB, PDI Perjuangan, partai Gerindra dan PKS.


(mkd/JPC)