Dua Mahasiswa Meninggal, KKN Bakal Diperketat

Dua Mahasiswa Meninggal, KKN Bakal Diperketat

Seperti diketahui, dua mahasiswa UNS yakni Aji Nur Rohman, 20, jurusan Peternakan Fakultas Pertanian dan Fadlan Akhyar, 20, jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik meninggal dunia saat melakukan snorkeling di perairan Sombu Dive, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Wakil Rektor III UNS, Prof Darsono mengatakan, bahwa kejadian yang menimpa dua mahasiswanya menjadi pelajaran yang sangat berarti. Untuk itu, guna mengantisipasi berulangnya kejadian, pihaknya berencana memperketat kegiatan paska KKN.

“Misalnya dengan membuat pakta integritas dengan harapan para mahasiswa bisa mematuhi aturan dalam kegiatan KKN,” terang Darsono saat ditemui di kantornya, Selasa (26/2). 

Darsono menambahkan, kedua mahasiswa tersebut sebenarnya baru saja selesai mengikuti kegiatan KKN tematik integratif yang diadakan di Kabupaten Wakatobi. Tetapi, meski kegiatan sudah rampung, mereka tidak lantas kembali ke rumahnya masing-masing. Melainkan melakukan kunjungan wisata ke perairan Sombu Dive, Kecamatan Wangi-wangi. Dan kegiatan tersebut ternyata tanpa sepengetahuan dosen pembimbing.

Kemudian mereka melakukan kegiatan snorkeling tanpa pemandu. Kegiatan snorkeling tersebut tidak hanya dilakukan oleh dua mahasiswa tersebut, tetapi ada tujuh mahasiswa lainnya.

“Karena gelombang tinggi keduanya terpisah dari teman-temannya, dan saat akan kembali ke dermaga keduanya sudah kelelahan setelah melawan arus dan meninggal. Kami juga sudah memberitahu pihak keluarga masing-masing terkait kejadian ini,” katanya.


(apl/JPC)