Dua Jam setelah Kejadian Langsung Muncul Hoax

Kecelakaan itu terjadi pada pukul 07.16. Mobil Mitsubishi Outlander yang dikemudikan George Gilberth menabrak tiga motor secara beruntun. Yang menjadi heboh, video rekaman CCTV kecelakaan itu menyebar tidak lama setelah kejadian. Tidak ada keterangan yang menyertai Video itu. Beberapa saat kemudian, baru tersebar identitas pelaku dan pengendara motor yang menjadi korban.

Nah, di sela-sela viralnya pesan bersambung itu, muncul hoax yang ikut disebarkan. Hoax tersebut menginformasikan bahwa pengemudi mobil yang menabrak tiga motor itu meninggal karena serangan jantung. ”Jadi, mobil jalan sendiri, tidak terkendali, dan menabrak sepeda motor,” tulis pembuat pesan.

Kabar tentang pengemudi mobil yang meninggal itu sempat dianggap benar. Apalagi, saat hoax tersebut menyebar, belum ada keterangan resmi soal penyebab tabrakan. Ada yang menyebut Gilberth mengantuk, mabuk, bahkan menggunakan handphone.

Kabar kematian Gilberth tersebut sama sekali salah. Kamis sore Gilberth dibawa ke Mapolrestabes Surabaya. Di depan awak media, mahasiswa berusia 18 tahun itu meminta maaf atas kecelakaan tersebut. Dia juga menyebut kecelakaan itu terjadi karena dirinya sedang memikirkan kuliahnya. Kalau sudah meninggal, mana mungkin bisa memberikan keterangan. Tapi, bagi pembuat hoax, lumayan lah, bisa bikin orang bingung.




(eko/gun/c11/fat)

Source link

Source link