Dua Hari, 250 Akademisi Lintas Negara Riview Paper di FIA UB

KOTA MALANG – AICoBPA (Annual International Conference on Bussines and Public Administration) dibuka, Rabu (23/10). Sebanyak 250 peserta bakal mereview paper-nya bersama sejumlah pemateri handal di acara yang digelar Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) ini.

Diantara pemateri asing yang mengisi yakni Dr Ciorstan Smark dari University of Wallongong, Australia dan Dr. Mohammad Saud Khan dari Victoria University of Wellington, New Zealand. Mereka kemarin juga mengisi materi bersama akademisi lokal dari FIA UB yakni Tri Wulida Afrianty, S.Sos., M.Si, MHRM, Ph.D.

Acara ini dibuka oleh Dekan FIA UB, Prof Dr Bambang Supriyono, MS. Di Gedung A lantai 3 FIA UB. Kepada peserta ia menyampaikan agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Apalagi salah satu pemateri yakni Dr Ciprstan Smark merupakan Co-editor sekaligus founder Australasian Accounting Business and Finance Journal (AABFJ).

“Ke depan juga saya berharap FIA UB dapat menjalani kolaborasi dengan Anda yang dari Australia, New Zealand, dan Korea. FIA UB sendiri memang memperluas jaringan internasional, kami sudah punya program pertukaran dosen maupun mahasiswa dengan 10 negara,” paparnya.

Sementara dijelaskan Ketua Panitia AICoBPA, Dr. Cacik Rut Damayanthi hari ini ada 2 sesi review paper. Masing-masing sesi dibuka 4 kelas. Yakni pukul 13.00 dan 15.30 di Gedung E FIA UB. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya tentang cara penulisan, sitasi, sampai kualitas konten.

“Standarisasi jurnal internasional itu sangat ketat. Di sinilah kesempatan pembuat jurnal akan tahu apa yang kurang,” beber Cacik.

Dua sesi hari ini bakal rampung pukul 17.00. Sementara untuk besok (24/10) akan lebih banyak pemateri yang hadir. Salah satu yang paling dikenal adalah mantan cawapres, Sandiaga Salahuddin Uno. Serta Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA yakni Professor of Local Government Decentralization Public Sector Reform Universitas Gadjah Mada (UGM).

Adapun pemateri dari akademisi luar negeri yakni Prof. Wang Bing Huazhong dari University of Science and Technology, People’s Republic of China. Kemudian Associate Prof. M.R. Khairul Muluk, M.Si dari Universitas Brawijaya. Serta Prof. Nahyun Kwon, Ph.D dari Myongji University, Republic of Korea.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Rida Ayu
Penyunting: Fia