KOTA BATU – Daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 mendatang di Kota Batu bertambah lebih dari seribu pemilih. Di antara pemilih, sejumlah ratusan pemilih berasal dari penyandang disabilitas.

Dari hasil penyempurnaan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) 2 yang disampaikan saat rapat pleno di hotel Riverstone, Kamis (6/12) tersebut, diketahui jumlah pemilih saat ini 154.826 jiwa. Penambahan tersebut berasal dari pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun.

“Ada penambahan sekitar sekitar 1.319 pemilih dari yang sebelumnya berjumlah 153.738. Mereka, sebagian besar pemilih pemula yang sampai pada 17 April 2019 mendatang sudah berusia 17 tahun,” ujar Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis, Penyelenggaraan Dan Data, Ashar Chilmi S.Psi.

Penyempurnaan tersebut juga terkait juga dengan adanya pemilih dari kalangan disabilitas di Kota Batu. Bahkan nantinya KPU akan melakukan pemetaan dalam hal fasilitas bagi mereka.

“Dalam penyempurnaan itu ada 223 pemilih difabel. Kedepan pastinya kita akan beri alat bantu apa yang bisa difasilitaskan kepada mereka. Mungkin dari pendamping dan formulirnya,” imbuh Ashar.

Namun, dalam DPT tersebut masih sangat memungkinkan adanya penambahan atau pengurangan. Hal itu dikarenakan ada penduduk di Kota Batu yang belum melakukan perekaman E-KTP.

“Masih sangat mungkin berubah untuk ketetapan jumlah DPT ini, karena masih banyak juga warga yang belum melakukan perekaman E-KTP,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto:Arifina