Dorong Output Terbaik, Unikama Rangsang Mahasiswa Pascasarjana Rajin Bikin Jurnal Ilmiah

KOTA MALANG – Salah satu Universitas Swasta terbaik di Kota Malang, Universitas Kanjuruhan Malang terus berupaya hasilkan lulusan yang berkualitas tiap tahun. Tidak hanya pada program sarjana mereka saja, tapi juga pascasarjana.

“Kita tetap berkomitmen bagaimana pascasarjana ini menghasilkan kualitas (lulusan) yang jauh lebih baik, kita selalu berbenah,” tukas Dr Endah Andayani, SPd MM, Pirektur Program Pascasarjana Unikama, Kamis, (17/10).

Unikama rupanya tahu betul mana-mana saja sisi yang perlu diberikan penguatan. “Salah satunya penyusunan artikel, yang selama ini menjadi persoalan di kami,” tuturnya.

Dr Lilik Sri Hariani MAk, Kaprodi S2 Pendidikan IPS (PIPS) Unikama membenarkan hal ini. “Jadi bagaimana mahasiswa itu bisa menulis artikel, tapi tidak menulis saja, sekaligus agar terpublish nantinya,” tuturnya.

Concern Unikama ini diwujudkan dalam workshop yang dihadiri puluhan mahasiswa pascasarjana Prodi IPS Unikama, Kamis, (17/10) siang tadi. Diadakan di Auditorium Multikultural Unikama, acara mengambil tema Peningkatan Kualitas Akademik Mahasiswa Program Pascasarjana.

Selain pemberian pelatihan penulisan artikel ilmiah, mahasiswa juga diberikan materi tentang publikasi ilmiah Jurnal Penelitian Pendidikan IPS (JPPI). “Kita juga adakan klinis artikel mahasiswa pasca kita, nanti kita masukan di seminar nasional pasca yang akan diadakan tahun depan 2020,” tutup Endah.

Menurutnya, seminar nasional bakal berguna sebagai wadah jurnal mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan IPS Unikama.

Tak tanggung-tanggung, Dr Sugeng Hariyanto MM, didapuk langsung jadi pemateri. Sugeng adalah pengelola jurnal asal Universitas Merdeka Malang sekaligus Wakil Ketua Jurnal Manajemen se-Indonesia.

Dosen Brawijaya sekaligus Motivator, Dr Arief Alamsyah Nasution MARS turut diajak menjadi pembicara mengambil tema “Leader as Coach” atau bagaimana menjadi pemimpin yang bijak.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: istimewa
Penyunting: Fia