Dorong Mahasiswa Terjun ke Dunia Start Up, Unikama Gandeng Mitra Strategis

Rektor Unikama saat memberikan sambutan

KOTA MALANG – Dikenal sebagai kampusnya para wirausahawan, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) membuat terobosan baru dengan meresmikan Pusat Bisnis dan Kewirausahaan, Rabu (20/3). Salah satu yang digeber dalam Pusat Bisnis dan Kewirausahaan itu adalah inkubator bisnis.

Menurut Rektor Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Dr Pieter Sahertian, inkubator bisnis ini menjadi fasilitas baru untuk mengembangkan jiwa bisnis para mahasiswa di era industri 4.0, Setelah sebelumnya, kewirausahaan juga sudah dimasukkan dalam kurikulum.

“Inkubator bisnis ini akan membina mahasiswa bagaimana cara untuk berbisnis selaras dengan era internet of think,” katanya dalam acara Seminar dan Peresmian Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Unikama bertajuk ‘Penguatan Peran Inbis dalam Dunia Pendidikan, Dunia Usaha, dan Peran Pemerintah di Era Industri 4.0’.

Sementara itu, Ketua Pusat Bisnis dan Inkubator Bisnis Unikama, Jacobus Wiwin, ST, S. Kom, M. Kom mengatakan, jika Inkubator bisnis ini terbuka bagi mahasiswa yang ingin belajar bisnis. “Unikama punya potensi baik dalam inovasi maupun SDM. Tinggal kita kemas bersama teman-teman mahasiswa,” pungkasnya

Nantinya, inkubator bisnis ini akan mendampingi calon wirausahawan muda ini untuk mengembangkan bisnis start up mulai dari 0 hingga menjembatani sampai ke pasar dan pendanaan.

Di samping itu, Rektor Unikama juga melakukan penandatanganan MoU bersama dua mitra besar sebagai bentuk keseriusan. Yakni, bersama IDX Incubator Jawa Timur yang dan Indonesia Digital Start Up Founder Malang.

Kegiatan yang berlangsung santai ini juga dihadiri oleh Kepala IDX Incubator Jawa Timur, Cita Melisa. Ketua Indonesia Start Up Founder Malang Raya, Arif Budiono. Wakil Ketua Kompartemen Pengembangan Kewirausahaan UMKM dan Pelatihan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Ardantya Syahreza. Kabid Ilmatetta Dinas Perindustrian Kota Malang, Fahmi Fauzan hingga Wali Kota Malang, Sutiaji yang secara langsung meresmikan Pusat Bisnis dan Inkubator Bisnis Unikama.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia