Donasi Rendang untuk Korban Tsunami Selat Sunda Ditarget 1 Ton Lebih

JawaPos.com – Bantuan rendang untuk korban tsunami di Selat Sunda mulai terkumpul di kantor BPBD Sumatera Barat (Sumbar). Pemprov Sumbar menargetkan, 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendonasikan lebih dari 1 ton rendang.

Hingga Rabu (26/12) siang, fisik masakan rendang terkumpul lebih dari 300 kilogram. Rencananya, bantuan kemanusiaan tersebut akan dikirimkan ke Banten dan Lampung pada Jumat (28/12) mendatang.

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, secara komitmen, sudah lebih satu ton rendang yang siap disumbangkan. Selain OPD, ada juga bantuan sebanyak 200 kg rendang Bank Nagari. Rencananya, pengumpulan rendang akan dilangsungkan sampai Kamis (27/12) dan Jumatnya langsung dikirim.

“Dari masyarakat belum ada yang dikumpulkan melalui kami. Selain OPD, baru Bank Nagari,” kata Erman, Rabu (26/12).

Rendang itu nantinya, jelas Erman, disalurkan kepada korban tsunami di Banten dan Lampung melalui posko resmi yang ditunjuk oleh pemerintah daerah. Koordinasi dengan posko dan lembaga kemanusiaan resmi diharapkan bisa memastikan bantuan rendang bisa merata dan sampai ke tangan yang membutuhkan.

“Kalau disalurkan sendiri-sendiri, takutnya tidak rata. Mereka punya posko resmi dan catatan daerah mana saja yang membutuhkan,” kata Erman.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Rumainur menambahkan, rendang tersebut akan dikirimkan melalui jalur darat. Penyerahan bantuan di lokasi bencana, rencananya dilakukan Wakil Gubernur Nasrul Abit. “Kalau ada bantuan dari masyarakat, silakan kirim ke kantor BPBD Sumbar,” katanya.

Sementara untuk bantuan uang, Pemprov Sumbar belum bisa memastikan. Sebab, saat ini berada di penghujung tahun anggaran. “Kalau gempa di Lombok, tsunami di Palu, kita ikut bantu uang tanggap darurat. Kali ini susah, soalnya sudah tutup anggaran,” pungkasnya. 

(rcc/JPC)