Ditikung Oppo, Samsung Klaim Masih Kuasai Pasar Smartphone

JawaPos.com – Samsung untuk bisnis smartphone-nya di tanah air per kuartal dua 2019 tidak lagi duduk di posisi pertama. Samsung terlempar ke posisi kedua dengan Oppo berhasil menikung Samsung melesat ke posisi satu. Ini berdasarkan data dari Canalys untuk Top Smartphone Vendors pada Q2 2019.

Menanggapi hal tersebut, pihak Samsung Indonesia mengaku tak mempermasalahkan hasil riset tersebut. Head of Product Marekting IT and Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant mengatakan, setiap vendor smartphone memiliki metodologi dan lembaga riset sendiri dalam mengukur performa mereka. “Mengacu pada data agency Internasional, kita masih leading,” ujar Denny di Jakarta, Rabu (21/8).

Denny menyebut Samsung masih memimpin pasar smartphone premium dengan perolehan angka di atas 60 persen. “Kita masih leading di segmen premium dengan 66 persen market share di Indonesia,” lanjutnya.

Tabel Laporan Canalys untuk industri smartphone di Indonesia pada Q2 2019. (Istimewa)

Selain segmen pasar premium, Denny juga mengklaim Samsung Indonesia masih memperoleh market share secara keseluruhan untuk smartphone di Indonesia sebesar 50 persen. Jumlah ini berbeda dari data Canalys yang hanya 24 persen saja di Q2 2019. Sayangnya, Samsung enggan menyebut produk mana saja yang berkontribusi dalam market share-nya di Tanah Air.



Denny menyebut data tersebut dari GFK. Untuk perolehan di Indonesia, data yang juga dikumpulkan oleh internal Samsung merupakan data pembelian langsung oleh konsumen mereka dari toko hingga ke tangan konsumen.

Galaxy Note 10 Resmi Diluncurkan

Dalam kesempatan tersebut, Samsung juga turut meluncurkan secara resmi unit smartphone flagship mereka, Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus, di Indonesia. Urusan kantong, di Indonesia, Galaxy Note 10 dengan RAM/ROM 8/256 GB dijual dengan harga Rp 13,999 juta. Sementara Galaxy Note 10 Plus untuk varian RAM/ROM 12/256 GB dibanderol Rp 16,499 juta. Terakhir, Galaxy Note 10 Plus untuk varian RAM/ROM 12/512 GB dilabeli Rp 18,999 juta.