Ditanya Soal Komentar Jahatnya Tentang Sulli, Haters Berikan Jawaban Mengejutkan Ini!

RADARMALANGID – Penyanyi sekaligus aktris Choi Jin Ri atau lebih dikenal dengan nama panggung Sulli, memang telah meninggal dunia. Ia yang ditemukan sudah tak bernyawa di kediamannya pada 14 Oktober lalu pun sontak menggegerkan warganet. Tak sedikit orang menyayangkan kematiannya tersebut yang diduga dipicu oleh perundungan online oleh netizen.

Kematian Sulli akibat ‘dibunuh’ oleh komentar jahat netizen ini pun membuat program televisi ‘Unanswered Questions’ mengungkap kasus tersebut lebih detail. Sembari berdiskusi pemicu utama kematian aktris 25 tahun itu, program ini pun membocorkan jawaban mengejutkan di balik budaya ‘kebencian’ yang mendarah daging dalam masyarakat, terutama di industri hiburan Korea.

Dilansir dari Koreaboo (17/11), selama ‘Unanswered Questions’ membahas tingkatan komentar kebencian yang diterima Sulli sebagai selebriti, program ini pun turut mewawancarai netizen yang meninggalkan komentar jahat di Instagram Sulli. Ketika diserang pertanyaan mengenai alasan hater tersebut menuliskan hal-hal jahat, mereka memberikan jawaban tanpa merasa bersalah sedikit pun, membuat penonton merasa prihatin.

“Kau tahu, jika ini (komentar jahat) dari sepuluh minggu lalu, aku pasti sudah meminta maaf seratus kali. Tapi aku berkomentar sudah dari ratusan minggu lalu. Apa yang harus aku lakukan jika kalian mengungkitnya lagi?” ungkap Hater A saat diwawancarai PD dari ‘Unanswered Questions’.

“Tapi kami yakin komentar tentang bagian tubuhnya ini jelas-jelas merupakan maksud jahat dan termasuk dari pelecehan seksual,” ujar sang PD.

“Lalu mengapa jika itu (komentar jahat) memiliki maksud jahat? Aku hanya bermaksud mengatakan bahwa dia sudah cantik, jadi dia tidak seharusnya melakukan sesuatu yang bisa merusak kecantikannya. Apakah kau penggemarnya atau apa? Komentarku bahkan tidak ditujukan kepadamu,” lanjut Hater A, nampak dengan nada bicara kesal kepada PD.

Hater lain, yang meninggalkan komentar dengan tendensi melecehkan Sulli secara seksual karena belahan dadanya, berpendapat jika itu semua hanyalah candaan, dan ia tidak bermaksud untuk merundung sehingga menyebabkan masalah atau dampak terhadap eks member f(x) tersebut.

“Ini adalah candaan. Sulli mungkin memang perempuan dengan hati lembut, namun aku pikir dia memiliki semangat lebih kuat dari laki-laki. Jadi aku berpikir jika aku meninggalkan komentar itu, dia tak akan peduli. Sejujurnya, komentar jahat menurutku seperti ‘Mati saja’ atau yang lebih buruk,” ujar Hater B.

“Kau tahu? Aku sangat meragukan dia mengalami waktu-waktu sulit karena komentar pelecehan itu. Lagipula, dia ‘kan, selebriti. Mereka menerima banyak cinta dan perhatian, namun juga harus mampu menerima komentar jahat itu. Sebaliknya, bukankah mereka menjalani hidup yang baik? Dengan pakaian bagus, mobil-mobil keren, dan hal-hal mewah lainnya?”

Secara terpisah dan membuat miris, bahkan setelah kematian Sulli, hater-hater tersebut menjustifikasi diri sendiri dengan logika jika seorang selebriti harus menerima konsekuensi sebagai orang terkenal, yaitu harus mau dikritik, dan hal tersebut tidak benar-benar berhenti. Seorang YouTuber dengan nama Bepon, mencoba untuk viral dengan mengunggah sebuah video di kanalnya. Ia mengklaim bahwa ia adalah mantan kekasih Sulli.

Dalam video tersebut, Bepon bersedih atas kematian Sulli dan mengucapkan salam perpisahan. Selama wawancara, YouTuber ini menyarankan bahwa selebriti yang tidak bisa mengatasi komentar-komentar jahat yang diterima mereka agar segera meninggalkan industri hiburan saja.

“Aku tidak mengejek Sulli atau tidak menghargainya. Video itu hanya bermaksud untuk bersedih dan mencoba membuatnya jadi berbeda dari video tribute lain. Aku tidak berpikir ini akan menimbulkan masalah besar. Aku juga memiliki sesuatu tentang komentar jahat, bolehkah aku berbagi pikiranku?” ujar Bepon, kala diwawancarai PD ‘Unanswered Questions’.

“Aku tidak berpikir itu keren untuk para selebriti yang menjadi emosional atas komentar jahat yang mereka terima. Mereka terkenal, dan pasti ada pro atau kontra, sehingga aku pikir mereka seharusnya harus bisa menerimanya. Sejujurnya, jika kau merasa sakit hati akibat komentar jahat, pilihlah pekerjaan lain. Jangan jadi selebriti,” tandas Bepon.

Sulli terakhir kali bermain dalam drama ‘Hotel Del Luna’ sebagai kameo di episode 10. Kabar kematiannya pun sontak membuat industri hiburan Korea berduka, dan para artis beramai-ramai menunda bahkan membatalkan jadwal mereka demi menghormati Sulli.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia