Dispora-KONI Siap-Siap Porprov 2021

MALANG KOTA – Lupakan kegagalan kontingen Kota Malang di Porprov 2019 lalu. Pada ajang multievent itu, Kota Malang berada di peringkat IV. Turun dua tingkat dari Porprov 2015.

Saat ini fokusnya adalah evaluasi dan pembenahan. Karena terpenting bagaimana pada Porprov 2021, ranking Kota Malang di posisi runner-up (peringkat II).

Karena itu, dinas pemuda dan olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang bergerak cepat melakukan pembenahan. Misinya, menyiapkan atlet di ajang Porprov 2021.

”Dispora sudah bergerak menggali potensi atlet-atlet usia dini di Kota Malang untuk persiapan Porprov 2021,” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Kota Malang Eko Sri Yuliadi.

Dia menjelaskan, saat ini program tersebut sedang berada pada tahap seleksi atlet di semua cabang olahraga (cabor). Nantinya dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat kelurahan, SD, sampai SMP.

”Harapannya nanti pada persiapan porprov, para atlet sudah siap berlaga pada 2021,” imbuh pria yang hobi berolahraga itu.

Sementara itu, langkah KONI yang terdekat mengevaluasi cabor yang beberapa lalu berlaga di Porprov Jatim VI pada Jumat (16/8).

”KONI akan membentuk tim terdiri dari 9 orang. Untuk melakukan komunikasi dengan cabor-cabor yang beberapa waktu lalu berlaga di Porprov Jatim,” terang Ketua KONI Eddy Wahyono.

Tak hanya itu, untuk persiapan porprov, semua cabor harus menggunakan sport science. Model latihan atlet harus terukur sesuai metode yang modern. Menggunakan kajian akademis.

Seleksi atlet juga harus kian ketat. Termasuk tidak sembarang cabor bisa diikutkan porprov. ”Untuk Porprov 2021, KONI hanya akan mengirim atlet-atlet dan cabor yang benar-benar kompeten,” terang Eddy.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Abdul Muntholib