Display Cuaca, Mudahkan Wisatawan

KOTA BATU – Pemantuan cuaca kian mudah. Khususnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Lantaran, Pemkot Batu memiliki display informasi cuaca. Alat itu dipasang oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Karangploso yang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Batu. Dengan alat itu, informasi cuaca akan disajikan setiap waktu secara otomatis.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso Joko Budi Utomo menyatakan, display cuaca itu akan menggambarakan kondisi cuaca di Kota Batu dan Jawa Timur. ”Saat ini sedang kami setting. Untuk informasinya, nanti terus akan update per satu jam atau bisa tiga jam sekali,” kata dia.

Wilayah yang terekam adalah wilayah yang berpotensi hujan ringan, sedang, sampai lebat. Display cuaca juga bisa menampilkan informasi gempa bumi dari seluruh Indonesia. ”Nantinya, semua informasi itu akan ditampilkan di layar,” kata dia.

Saat ini, lanjut Joko, alat tersebut dalam proses pemasangan. ”Alat display informasi itu bisa masuk Smart City yang ada di Kota Batu,” kata dia.

Menurutnya, tidak semua daerah mempunyai display informasi cuaca. Saat ini, yang memiliki informasi cuaca seperti itu misalnya di bandara, dan sebagian di tempat wisata. Harapannya, dengan display informasi cauca itu bisa memberikan informasi pada wisatawan di Kota Batu. ”Wisatawan bisa mem-planing kunjungannya,” tandas Joko.



Pewarta: Aris dwi
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto