Dispendukcapil Disorot KemenPAN-RB

KOTA BATU – Fasilitas dan layanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu tengah dipelototi Kementeriam Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Kemarin (6/8), perwakilan dari KemenPAN-RB itu melakukan kunjungan dadakan ke sana. Dipimpin langsung Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Evaluasi Pelayanan Publik Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Aris Samson.

Ditemui koran ini, dia mengaku bila itu adalah kunjungan lanjutan. Setelah sebelumnya juga dilakukan pada 2017 lalu. Dilakukan sebagai upaya menentukan role model pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). ”Ada beberapa catatan kami yang harus disediakan, terkait layanan dan fasilitas yang ada di sini (dispendukcapil), dan kami datang ke sini untuk memverifikasinya,” kata dia. Hasilnya cukup positif. Karena Dispendukcapil Kota Batu sudah bisa memperbaiki catatan pada tahun lalu.

Salah satunya terkait ketersediaan ruang laktasi (menyusui), tempat bermain anak, fasilitas untuk disabilitas, dan toilet. ”Ternyata sekarang ini untuk fasilitas itu sudah disediakan. Hanya saja, toilet yang masih belum,” kata dia. Mereka pun meminta agar dispendukcapil memenuhi kekurangan tersebut.

”Gedung ini kan memang didesain tidak untuk dispendukcapil saja, namun banyak dinas. Memang ada toilet bersama, namun harus ada sendiri di sini,” tambah Aris. Untuk layanan, dia memberi catatan yang cukup memuaskan. ”Di sini ada banyak inovasi layanan saat libur, mulai mobil senyum, dan layanan jemput bola e-KTP,” imbuh dia.

Beberapa catatan itu bakal menjadi pertimbangan KemenPAN-RB. Sebelum nantinya bakal menentukan daerah mana yang ditunjuk sebagai role model pelayanan adminduk. ”Proses untuk menjadi role model tidak gampang, harus kami pastikan semuanya. Jika sudah jadi role model, nanti bisa jadi percontohan untuk daerah lain,” tambah Aris.



Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso yang ikut menemani Aris mengaku cukup puas. ”Saya kira sudah lebih baik. Seperti layanan saat jam istirahat, tidak boleh kosong semuanya. Jadi, harus ada karyawan yang ada di depan,” kata dia. Pengembangan fasilitas di dispendukcapil juga dia janjikan. Salah satunya terkait fasilitas penampung arsip.

 

 

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Rubianto