Disney Saingan dengan CJ di Pasar Film Korea Akhir Tahun

RADARMALANGID – Dua perusahaan distribusi film terbesar di Korea Selatan, CJ ENM dan Walt Disney Korea, bersaing dan berebut pasar film pada akhir 2019. Keduanya menyiapkan bakal calon box office untuk tayang jelang akhir tahun.

Dilansir dari Yonhap (16/11), Walt Disney akan menayangkan ‘Frozen 2’ pada Kamis (28/11) mendatang. Film itu diperkirakan masuk top box office Korea, menyusul pendahulunya, ‘Frozen’, empat tahun lalu. ‘Frozen’ menjadi film animasi pertama yang mampu menjual tiket lebih dari 10 juta di Korea Selatan.

Menurut laporan data dari Dewan Perfilman Korea (KOFIC), ‘Frozen’ menjual lebih dari 10,2 juta tiket, mengalahkan ‘Interstellar’, ‘Transformer: Age of Extinction’, ‘X-Men: Days of Future Past’, dan ‘The Amazing Spider-Man 2’ yang juga tayang 2014 lalu.

Terpisah, CJ ENM juga tak main-main dalam menyiapkan film akhir tahun. Desember mendatang, mereka akan merilis Baekdusan (Mount Baekdu) yang dibintangi sejumlah nama besar perfilman Korea Selatan, seperti Lee Byung Hun, Ha Jung Woo, Ma Dong Seok hingga Suzy.

Persaingan ketat antara CJ ENM dan Walt Disney mulai panas sejak awal 2019. CJ ENM telah mendistribusikan 13 film, mengumpulkan lebih dari 45,4 juta tiket, dan mengambil keuntungan 24,5 persen dari total tiket terjual.

Sementara itu, Walt Disney Korea juga mendistribusikan 13 film, menjual lebih dari 45,2 juta tiket, dan mendapatkan pangsa pasar 24,4 persen sejak Januari hingga Oktober 2019.

Berdasarkan Dewan Perfilman Korea, 10 besar box office lokal hingga Oktober 2019 memang dikuasai dua perusahaan besar tersebut.

CJ ENM berada di puncak dengan ‘Extreme Job’, ‘Parasite’, dan ‘EXIT’. Sementara itu, Walt Disney menguasai empat posisi dengan ‘Avengers: Endgame’, ‘Aladdin’, ‘Captain Marvel’, dan ‘The Lion King’.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia