Dishub Anggarkan Truk Hidrolik Rp 900 Juta

Selama ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu harus meminjam truk hidrolik atau armada yang memiliki tangga untuk memperbaiki traffic light ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Itu karena dishub belum memiliki armada yang bisa menunjang kinerjanya memasang dan memperbaiki tiang traffic light yang melintang di tengah jalan.

KOTA BATU – Selama ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu harus meminjam truk hidrolik atau armada yang memiliki tangga untuk memperbaiki traffic light ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu. Itu karena dishub belum memiliki armada yang bisa menunjang kinerjanya memasang dan memperbaiki tiang traffic light yang melintang di tengah jalan.

Kepala Dishub Kota Batu Susetya Herawan menyatakan, untuk memperbaiki traffic light, pihaknya harus berkomunikasi dengan DPUPR untuk meminjam truk hidrolik. ”Kami belum punya armada untuk menjangkau traffic light yang tinggi, sehingga harus pinjam, itu pun tidak bisa cepat,” kata Herawan kemarin (22/2).

Sampai kapan akan terus meminjam truk hidrolik ke DPUPR? Herawan memastikan hanya sampai pertengahan tahun ini. ”Kami sudah ajukan pengadaan truk hidrolik di APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Batu 2018 sebesar Rp 900 juta,” terangnya.

Pihaknya mengaku, kalau terus meminjam armada, itu akan mengganggu kinerja DPUPR Kota Batu. Pilihan yang tepat adalah melakukan pengadaan sendiri. ”(Dengan memiliki armada sendiri), nantinya kami bisa bekerja lebih maksimal,” tegasnya.

Untuk diketahui, traffic light di Kota Batu ada 5 unit, dan pelican crossing atau lampu lalu lintas bagi pejalan kaki dengan tangga manual ada tiga. ”Tahun ini, kami juga pengadaan pelican crossing untuk di Jalan Panglima Sudirman, depan Balai Kota Among Tani,” katanya.



Pewarta :  Rubianto
Penyunting : Aris Syaiful
Copy Editor : Arief Rohman
Foto : Rubianto