Disdik Kota Malang Genjot Prestasi, Mendikbud Memuji

MALANG KOTA – Demi meningkatkan kualitas siswa dan gurunya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang menggandeng dua lembaga. Yakni, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Indonesia (Apjatel) dan Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Purwodadi.

Bersama Apjatel, disdik menggelar kegiatan yang berorientasi pada komunikasi. Tujuannya untuk mempercepat proses pembelajaran siswa. Sedangkan dengan BKT Kebun Raya Purwodadi, disdik mengagendakan field trip (studi lapangan).

”Disdik ingin para siswa mengenali keanekaragaman tumbuhan di Malang Raya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM ditemui di sela-sela mendampingi Mendikbud RI Prof Dr Muhadjir Effendy MAP, ketika membuka acara Gala Siswa Indonesia di lapangan Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) kemarin (12/5).

Menurut Zubaidah, banyak manfaat menggelar studi lapangan. Selain meningkatkan pemahaman pembelajaran siswa dengan studi langsung, dia menyatakan, para siswa juga bisa melakukan penelitian dari bidang sains maupun humaniora.

Upaya yang dilakukan disdik tersebut sudah membuahkan hasil. Hal itu terlihat dari deretan prestasi yang diraih para siswa dan guru di Kota Malang.



”Sejak 2017–2018 sudah ada 157 piala yang diraih. Ya, dari kejuaran di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional,” tambah pejabat eselon II-B Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu.

Zubaidah punya cara untuk memotivasi siswa dan guru. Yakni, melalui pemberian penghargaan. Dalam setahun, setidaknya dua kali memberi penghargaan. Sesi pertama bersamaan puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sekitar November hingga Maret. Sedangkan sesi kedua pada Hari Guru pada April hingga Oktober.

”Juga ada aksi sosial penggalangan dana sukarela untuk disalurkan kepada siswa yatim piatu dan kurang mampu,” kata Zubaidah.

Sementara itu, upaya disdik direspons positif Mendikbud RI Prof Dr Muhadjir Effendy MAP. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menilai disdik responsif dalam upaya memajukan dan mengembangkan pendidikan.

”Kinerja bagus karena kadisdik responsif terhadap kebijakan yang dikeluarkan Kementerian,” kata Muhadjir.

Atas kinerja yang luar biasa itu, Muhadjir melanjutkan, tak salah jika selama ini banyak prestasi yang berhasil diraih dalam bidang pendidikan. Dia berharap, disdik terus bisa meningkatkan prestasi siswa dan gurunya.

Pewarta: Sandra Desi
Penyunting: Mahmudan
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Falahi Mubarok