Disdik Kota Batu Ikut Kebijakan Gubernur

KOTA BATU – Dinas Pendidikan Kota Batu mengakui ada sisi plus dan minus di balik penerapan full day school (FDS). Kebijakan dari Kemendikbud itu memang harus disesuaikan dengan kondisi di daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin menyatakan, dia berpatokan pada instruksi dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo beberapa waktu lalu. ”Saya manut apa kata Pak Karwo saja. Karena memang setiap kebijakan tentunya ada positif dan negatifnya,” kata Mistin beberapa waktu lalu.

Penerapan FDS di Jatim bisa jadi berbeda dengan daerah lain. Di Jatim, kata dia, konsep pendidikannya harus memberikan ruang lebih besar untuk aspek spiritual dan moralitas. Sekolah-sekolah bisa mengadopsi apa yang sudah diterapkan di pesantren-pesantren.

Lebih lanjut, Mistin menyampaikan, sejatinya, secara umum sistem pendidikan pada FDS tidak berbeda jauh dengan sistem yang diterapkan sekolah selama ini. ”Hanya masalah pembagian waktu saja. Seperti ekskul dimasukan pada jam 14.00 setelah kegiatan belajar mengajar,” pungkasnya.

Pewarta: Dian Kristiana
Penyunting: Indra Mufarendra
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono