Disangka Hilang Saat Melaut, Ternyata Rudi Nginap di 'Hotel Prodeo'

JawaPos.com – Rudi sempat dilaporkan hilang oleh pihak keluarganya. Padahal, pria 26 tahun itu telah meringkuk di sel tahanan Mapolres Balikpapan Barat akibat mencuri besi tua bekas.

Kapolsek Balikpapan Barat, AKP Agung Nur Sapto, mengatakan, aksi pencurian Rudi ini dilakukan pada Senin (7/1), sekira Pukul 18.30 Wita. 

Saat itu, kata Agung, Rudi memasuki area salah satu perusahaan di Jalan Srikandi, Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat dengan menggunakan sampan. Di sana, ia hendak mencuri besi-besi yang telah menjadi limbah perusahaan.



“Dia (Rudi) dua kali melakukan aksi pencurian. Aksi pertama ketahuan sama sekuriti, terus diusir. Kemudian dia datang lagi, dan berhasil bawa kabur,” kata Agung di Mapolsek Balikpapan Barat, dikutip dari Prokal.co (Jawa Pos Group), Kamis (10/1).

Dijelaskannya, Rudi membawa kabur besi-besi jenis siku dan plat. Besi-besi itu ia bawa dengan mengikatkan dengan tali di pinggiran sampannya. 

Beruntung, pihak kemanan sigap melakukan pencegahan. Bersama dengan sekuriti perusahaan, polisi berhasil meringkus Rudi tak lama setelah kejadian. “Kami tangkap tersangka pas masih di perairan teluk, kami handang sampanya dengan speedboat,” jelasnya.

Akibat dari perbuatan Rudi ini, diungkapkan Agung, pihak perusahaan menderita kerugian cukup besar. “Menurut korban, kerugian yang dideritanya sekitar Rp 4 juta,” ungkapnya.

Agung juga menjelaskan, ditangkapnya Rudi ini, sempat membuat geger keluarganya. Keluarganya sempat menduga Rudi hilang di laut. Padahal, warga Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, itu telah mendekam di sel tahanan Mapolsek Balikpapan Barat. “Keluarga sempat lapor ke Tim SAR. Tapi sudah kami beritahu keluarganya bahwa Rudi ditahan karena pencurian,” tuturnya.

Perwira balok tiga di pundak itu menerangkan, akibat mencuri, Rudi bakal disangkakan Pasal 363 KHUP, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

Editor      : Estu Suryowati
Reporter : jpg, Estu Suryowati