Dipercaya Bisa Obati Penyakit, Sumber Nyi Sindu Jadi Destinasi Wisata Baru Desa Sumberejo Batu

KOTA BATU – Bagi sebagian warga Kota Batu tidak akan asing dengan nama Sumber Nyi Sindu. Sumber yang baru-baru ini ramai menjadi perbincangan karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit ini terletak di Desa Sumberejo Kecamatan Batu.

“Sebenarnya sudah sejak tahun 65 sumber itu sudah ada tapi kecil sekali sumbernya,” ungkap Sumarno pengelola sumber tersebut. Namun karena banyak yang memperbincangkan sumber kecil tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit maka dirinya dan warga mulai memperhatikan sumber tersebut.

Namun ketika mantan kepala desa Sumberejo Riyanto mendapatkan mimpi bertemu dengan Nyi Sindu dan menyuruhnya memperbaiki sumber tersebut akhirnya membuat Sumarno dan warga menggali sumber tersebut.

“Kami gali sedalam 2 meter dan kami berikan pembatas semacam sumur,” jelasnya. Dan benar saja hal ini membuat sumber tersebut menjadi semakin banyak dikunjungi orang.

Lebih lanjut, Sumarno menerangkan cerita tentang air yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut berawal dari warga Sidoarjo yang membawa anaknya ke guru spiritual karena hingga umur 5 tahun masih belum bisa berjalan. Guru spiritual tersebut mengarahkan untuk mengonsumsi air dari sumber Nyi Sindu dan setelah 3 kali konsumsi maka anaknya sudah bisa berjalan.

“Ada yang bilang rasanya asin, manis, seperti air kelapa, bahkan ada yang bilang airnya berkarbonasi,” jelas Sumarno. Ia menambahkan Sumber Nyi Sindu kini tidak hanya dikonsumsi airnya namun juga dibuat mandi pada air genangan sekitaran sumber. “Kalau sumbernya harus diambil menggunakan gayung. Kalau bagian luar biasanya digunakan untuk mandi,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto : Choirul Anwar