Dinsos Kabupaten Malang Beri Pelatihan Ketrampilan Cuci Sepeda Motor Kepada Eks ODGJ Desa Wonorejo Singosari

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Malang, Retno Tri Damayanti (nomor 3 dari kiri) bersama Bagian PKRS RS dr Radjiman Weidiodiningrat Lawang, Nur Asrori (nomor 2 dari kanan) hadir pada acara program rehabilitasi sosial yang digelar Dinsos Kabupaten Malang, Senin (16/9).

SINGOSARI – Puluhan pasien eks Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Desa Wonorejo mendapatkan pelatihan mencuci Sepeda Motor dari Dinas Sosial Kabupaten Malang, di posyandu Jiwa Desa Wonorejo Singosari, Senin (16/9).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang H Nur Hasyim, SH MSi melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Kabupaten Malang Retno Tri Damayanti mengatakan, selain memberikan pelatihan mencuci sepeda motor, pihaknya juga mengupayakan untuk bisa memberikan mesin atau alat cuci motor.

“Terkait mesin cuci motor kami upayakan pada anggaran tahun depan semoga bisa terealisasi, sebab untuk tahun ini sudah tidak ada anggaran bansosnya,” Kata Retno di balai posyandu jiwa Desa Wonorejo.

Program rehabilitasi sosial bertajuk kegiatan bimbingan motivasi sosial dan pelatihan keterampilan bagi penyandang disabilitas kabupaten Malang tahun 2019 tersebut digelar selama empat hari, di Balai Posyandu Jiwa Desa Wonorejo.

“Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, mulai hari ini Senin (16/9) sampai dengan Kamis besok Kamis (19/9).” Kata alumni Universitas Widya Gama tersebut.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf, jika kepala dinas sosial kabupaten Malang berhalangan hadir, karena kebetulan ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan, beliau titip salam kepada semua yang hadir di sini,” imbuhnya.

“Semoga kegiatan ini menjadi salah satu sarana terapi untuk turut serta memberikan pemulihan kesehatan, sebab kegiatan ini bersifat ringan dan tidak perlu banyak membutuhkan pemikiran,” harapnya.

Turut hadi pada acara tersebut diantaranya TKSK Singosari, TKSK Lawang, PKRS RS dr Radjiman weidiodiningrat Lawang, Puskesmas Ardimulyo Singosari, Camat Singosari, Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM, dan Humas pada Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznaz) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim gerai Malang.

Selesai seremonial, para eks Odgj langsung mendapatkan pelatihan mencuci sepeda motor dari instruktur yang berpengalaman.

Sementara itu Manager Operasional BMH Jatim gerai Malang Sony Abdul Karim S.PdI mengatakan pihaknya dalam waktu dekat juga menggandeng perguruan tinggi di Malang untuk memberikan pelatihan kepada kader posyandu jiwa Desa Wonorejo.

“Insyaallah akhir pekan ini, kami juga jadwalkan kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi negeri di Malang untuk memberikan pelatihan membuat susu yogurt kepada para kader sehat jiwa desa Wonorejo. Harapan kami para kader posyandu jiwa nantinya bisa memiliki penghasilan tambahan untuk perbaikan perekonomiannya,” Kata Karim.

Pewarta : Ruwiyanto
Fotografer : Ruwiyanto
Penyunting: Fia