Dinsos Kabupaten Malang Bantu Mesin Jahit Pembuat Keset Posyandu Jiwa Dau

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Malang, Retno Tri Damayanti (nomor 3 dari kanan) Menyerahkan Paket mesin Jahit Pembuat Keset di Posyandu Jiwa Desa Petungsewu Dau Malang, Senin (27/1).

MALANG – Peserta kelompok posyandu jiwa Kecamatan Dau bisa lebih maksimal dalam meningkatkan kegiatan untuk menunjang kesejahteraannya. Pasalnya, pos pelayanan terpadu di bawah binaan Puskesmas Dau tersebut mendapatkan bantuan mesin jahit pembuat Keset sebanyak 12 buah.

Mesin pembuat keset dari Dinas Sosial Kabupaten Malang itu telah datang dan siap untuk dimanfaatkan. Penyerahan alat produk keterampilan tangan tersebut dilaksanakan di Posyandu Jiwa Desa Petungsewu Malang, (27/1).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Nur Hasyim Melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Malang Retno Tri Damayanti mengungkapkan, bantuan mesin jahit pembuat keset diberikan untuk kelompok posyandu jiwa khususnya yang mengikuti pelatihan pembuatan keset beberapa pekan sebelumnya.

“Bantuan ini, kami berikan kepada kelompok yang mengikuti pelatihan pada bulan yang lalu, setelah menerima alat ini, kegiatan berikutnya akan saya pantau atau monitor, jika alat ini tidak dimanfaatkan maka kami ambil alih dan saya serahkan kepada kelompok di daerah lain yang lebih membutuhkan,” kata Retno.

Perempuan kelahiran Bandung Jawa Barat tersebut berharap seluruh kader jiwa termasuk TKSK Dau mendampingi para peserta posyandu jiwa, untuk aktif membantu pembuatan keset kepada eks ODGJ yang tergabung dalam posyandu jiwa.

“Semoga bermanfaat dan bisa menghasilkan Keset yang berkualitas sehingga memiliki nilai jual yang mampu memberikan dampak positif bagi perekonomiannya,” imbuhnya.

“Hari ini totalnya kami membawa 17 alat mesin jahit pembuat Keset, khusus di Posyandu Jiwa Dau kita beri 12 buah, sedangkan yang 5 buah, kami titipkan BMH untuk membantu menyalurkan di posyandu jiwa Desa Sukonolo Bululawang, pada pekan depan,” lanjutnya.

Sementara itu, Manajer Operasional BMH Jatim gerai Malang Sony Abdul Karim merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan Dinsos Kabupaten Malang.

“Kami bersyukur mendapat amanah untuk membantu menyalurkan mesin jahit pembuat keset dari Dinsos Kabupaten Malang, kabar baik ini segera kami komunikasikan dengan pemegang kesehatan jiwa Desa Sukonolo Bululawang, untuk melengkapi administrasinya.” Kata Karim.

“Sesuai jadwal, insya Allah akan kita berikan dengan menyesuaikan pelaksanaan posyandu jiwa Desa Sukonolo Bululawang,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Camat Dau, Kepala Puskesmas Dau, dr Yulia Rachmawati, TKSK Dau, dana para kader Sehat jiwa dari seluruh desa di kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Pewarta : Ruwiyanto
Fotografer : Yenny
Penyunting : Fia