Dinkes Kota Malang Imbau Para Ibu Berikan Imunisasi Lengkap Buah Hati

KOTA MALANG – Imunisasi jadi salah satu poin dalam sehatnya generasi mendatang. Maka dari itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menjalanlan salah satu program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Salah satunya adalah bayi mendapat berbagai Imunisasi Dasar Lengkap.

Meifta Eti Winindar SST MM, yang memang bertugas sebagai Kepala Seksi Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Malang yang biasanya menangani masalah ini mengatakan Dinkes menghimbau kepada para ibu agar memberikan anaknya imunisasi.

“Kami bertekad imunisasi dasar lengkap ini nantinya bisa menyasar masing-masing cakupan kelompok usia,” paparnya.

Selain gencar eliminasi Stunting, salah satu poin indikator capaian Dinkes adalah imunisasi lengkap ini. Hal ini diharapkan nantinya dijalankan dengan kelompok usia masing masing.

“Imunisasi ini penting karena anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap atau tidak pernah mendapatkan imunisasi akan mudah tertular penyakit berbahaya,” ujarnya. Hal ini dikarenakan akan belum adanya imun terhadap penyakit dalam tubuhnya.



Imunisasi dasar untuk bayi sendiri menurut Meifta bisa diperoleh dimana saja termasuk Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, hingga dokter atau bidan yang membuka praktik di rumah. “Jadi jangan sampai anak-anak tidak memperoleh Imunisasi lengkap karena ini sangat penting,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Kementerian Kesehatan RI