Dinkes Kota Malang Gandeng Dinkes Provinsi Wujudkan Kelurahan Siaga Aktif

MALANG KOTA – Untuk mewujudkan Kelurahan Siaga Aktif yang benar-benar efektif di lingkup Kelurahan Dinkes Kota Malang bersinergi bersama Dinkes Provinsi Jatim, mengadakan kegiatan bertajuk “Fasilitasi Kelurahan Siaga Aktif”.

Menurut Tomi Sukarno SKM M Ling, Kepala Seksi Promosi & Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kota Malang, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan menghidukan kembali Kelurahan Siaga yang selama ini dinilai kurang tanggap dalam mengatasi masalah kesehatan di lingkungan masing-masing.

“Selama ini, masih kurang inisiatif dan tanggap. Di sini kami coba saling sharing. Misal di desa x ada kasus DBD, bagaimana pemecahan permasalahan tersebut disesuaikam dengan masing-masing kelurahan,” jelasnya

Ada dua materi yang dipaparkan oleh setiap narasumber. Pertama, terkait surveilans yang mengacu pada kesiagaan dan kewaspadaan. Kedua, Promkes, yang mana lebih kepada promosi akan kesehatan.

Karenanya, dengan mengundang Kasi Pemberdayaan masyarakat tingkat kecamatan sampai kelurahan. Juga LPMK, BKM, kasi Kelurahan Siaga, kader posyandu sampai puskesmas sebagai perwakilan tiap kelurahan.



Tomipun berharap, agar seluruh yang hadir paham dan bisa menerapkan di lingkungannya. “Kader juga harus tahu, poskes kelurahan jiga harus tau. Meski ada banyak bidan. Kota harapkan semua terpapar dan aktif semua. Kemaren (kelurahan siaga) kayak mati suri,” tambahnya

Diketahui, agenda ini berjalan selama 5 hari sejak 19 – 26 Juli, di Same Hotel yang diikuti 23 Kelurahan dari Kecamatan Blimbing dan Lowokwaru. Serta Balava Hotel oleh 35 kelurahan dari Kecamatan Kedungkandang, Klojen, serta Sukun.

Di antaranya, hadir sebagai narasumber ialah Suradi dan Sulistijowati, dari Staff Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Provinsi Jatim, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia