Dinkes Kota Batu Launching PSC 119

KOTA BATU – Menjawab keluhan masyarakat Kota Batu terkait pelayanan 24 jam di puskesmas yang sempat viral dalam beberapa waktu yang lalu, Dinkes Kota Batu hari ini resmi memiliki Public Safety Center (PSC) 119. Hal ini merupakan antisipasi dari Dinkes Kota Batu untuk menjawab terjadinya potensi gawat darurat terlebih ketika di malam hari.

“PSC 119 ini akan bekerja 1×24 jam. Untuk saat ini masih berpusat di PMI Kota Batu namun kami akan terus melakukan pembenahan,” jelas Kartika Trisulandari, Kadinkes Kota Batu. Ia membeberkan call center yang digunakan juga masih menggunakan call center milik PMI di 0341 513487.

Lebih lanjut, tupoksi PSC 119 di Kota Batu sama dengan PSC 119 di Kota Malang yakni ketika terjadi sebuah kebencanaan dan kecelakaan di Kota Batu maka masyarakat bisa menghubungi call center hingga petugas medis datang. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir angka kematian akibat dari kesalahan penanganan kedaruratan dari masyarakat yang tidak mengetahui ilmu medis.

“PSC 119 Kota Batu juga melayani keadaan gawat darurat di rumah. Sehingga ketika ada orang hamil yang hendak melahirkan, atau terkena penyakit kronis maka kami akan menjemput dengan ambulance,” paparnya.

Ia berharap dengan berdirinya PSC 119 di Kota Batu ini bisa membantu masyarakat dalam melayani kesehatan yang bersifat darurat.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia