Dinkes Distribusikan Ribuan Set Buku Rapor dan Informasi Kesehatan

MALANG KOTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mendistribusikan 5 ribu eksemplar buku rapor kesehatan dan informasi kesehatan kepada guru UKS.

“Ada 2.500 set rapor kesehatanku dan untuk buku informasi kesehatanku juga 2.500,” ujar Meifta Eti Winindar STT MM, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Dinkes Kota Malang

Kedua buku itu, diberikan kepada sekolah tingkat SD dan SMP. Dengan tujuan, untuk memantau kesehatan siswa secara berkala. “Juga untuk mengetahui tingginya stunting (tubuh pendek) ya. Yang diketahui biasanya siswa itu lebih pendek dari rata-rata temannya,” kata wanita berhijab itu

Ini merupakan tahap kedua dari pemerataan distribusi rapor kesehatan secara penuh pada siswa hingga tingkat SMA. Sekaligus amanat dari Kemenkes. Di tahun sebelumnya, dinkes baru memberikan kepada 10 SD sebagai percontohan.

“Untuk SD, kita berikan semua. Terutama untuk yang tahun kemarin belum dapat. Tetap satu SD negeri dapat satu, lalu masih akan memperbanyak sendiri. Tahun depan mereka akan mendapatkan penuh, namun saat ini masih tahap sosialisasi, jadi bertahap. Sudah kita rencanankan,” jelas Miefta.



Di dalam buku rapor kesehatanku, terdapat beberapa penilaian. Misalnya, riwayat kesehatan anak, riwayat kesehat keluarga. Termasuk riwayat kesehatan keluarga. Sedangkan untuk informasi kesehatanku, berisi informasi. Salah satunya panduan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat).

“Diharapkan nanti siswa akan segera punya dua rapor. Rapor akademik sama rapor khusus untuk penilaian kesehatan ini,” imbuh Linda Desriwati SKM, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Malang.

Pewarta: Feni Yusnia
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Feni Yusnia