Dindik Kota Batu Segera Rehab 18 Bangunan Sekolah

Ilustrasi suasana belajar di sekolah.

KOTA BATU – Langkah tegas Dinas Pendidikan Kota Batu untuk merehab 18 bangunan sekolah akan dilakukan pada tahun 2020 ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dari hujan intensitas tinggi yang terjadi di Kota Batu

“Kami ambilkan dari pagu APBD Kota Batu. Kalau rinciannya masih belum bisa kami rinci karena kerusakan sekolah berbeda-beda,” papar Eny Rachyuningsih, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Rabu siang (29/1).

Maka dari itu hingga saat ini pihaknya tengah melakukan perhitungan kerusakan tiap-tiap sekolah karena jika pagunya disamakan maka berpotensi terjadinya SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran).

Hal ini diaminkan oleh Kasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Disdik Kota Batu, Rakhmad Hadi Mulyo ketika dikonfirmasi di Balikota Among Tani. “Setidaknya ada sekitar 70 persen bangunan yang sudah usang walaupun kekuatannya masih cukup bagus. Jadi kami melakukan pemetaan dan perhitungan anggaran yang akan dikeluarkan karena siapa tahu bisa menambah rehabilitasi gedung sekolah dari target 18 titik,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Batu karena Kota yang terkenal dengan ikon pariwisata akan cukup memalukan jika memiliki sekolah yang rusak. “Kami pasti menyetujuinya karena dampaknya bisa langsung dirasakan oleh peserta didik,” ujarnya.

Senada, Heli Suyanto Wakil Ketua II DPRD Kota Batu juga menyetujui ide tentang rehabilitasi gedung sekolah tersebut. “Kami setuju dengan catatan Dinas Pendidikan tidak melupakan tempat belajar mengajar sementara ketika sekolahnya direhab,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia