Dindik Kota Batu Sambut Baik Rencana Penghapusan UN

KOTA BATU – Wacana Kemendikbud menghapus UN pada tahun 2021 mendatang mendapatkan tanggapan positif dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih. Ketika diwawancarai radarmalang.id, Eny mengaku siap menjalankan aturan dari Kemendikbud jika wacana penghapusan UN ini ternyata memang direalisasikan.

“Kalau sudah di dok tentu kami lakukan. Siapa tahu dengan wacana ini bisa membuat peserta didik yang khususnya di Kota Batu bisa lebih berkembang dengan baik,” beber Eny. Ia juga saat ini Dinas Pendidikan Kota Batu hanya bisa menunggu digodoknya wacana penghapusan UN tersebut oleh Kemendikbud.

Lebih jauh, Eny juga membeberkan kemungkinan wacana penghapusan UN ini merupakan salah satu gebrakan untuk menghapus stigma bahwa ujian merupakan sebuah tolak ukur kemampuan siswa. Oleh sebab itu Asessmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter merupakan salah satu strategi untuk melihat sebuah proses daripada hasil.

“Selebihnya kami akan tetap menaati peraturan yang ada hingga wacana ini benar-benar direalisasikan,” imbuhnya. Ia juga percaya bahwa apapun keputusan yang dilakukan oleh pemerintah pusat pasti memerlukan pemikiran yang matang dan demi kemajuan peserta didik di Indonesia.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Dok JPRM
Penyunting: Fia