Dikritik Beli Kucing Eksotis, Justin Bieber Serang Balik Para Aktivis

ZETIZENID – Jelang pesta pernikahannya dengan Hailey Baldwin, Justin Bieber membeli dua kucing Savannah seharga USD 35,000 yang ia beri nama Sushi dan Tuna.

Namun, kegembiraan Bieber menyambut kucing barunya ‘diganggu’ kritikan tajam dari organisasi pembela hak binatang, PETA (People for The Ethical Treatment of Animals).

Dilansir dari People (7/10), Wakil Presiden PETA, Lisa Lange mengklaim bahwa pelantun ‘I Don’t Care’ tersebut tidak peduli dengan isu penyelamatan hewan. “Justin Bieber seharusnya bisa menginspirasi fans-nya di seluruh dunia untuk menyelamatkan hewan dengan cara mengadopsi kucing dari tempat perlindungan hewan setempat, bukan malah mendongkrak permintaan untuk kucing hybrid,” ujar Lange.

Perbuatan Bieber, kata Lange bisa berdampak pada populasi hewan. “Ini menunjukkan bahwa ketika berbicara tentang penyelamatan hewan, posisi dirinya (Biber) adalah ‘I don’t care’,” kata Lange.

Kritik PETA ditangkis oleh penyanyi 25 tahun tersebut. “PETA fokuslah pada permasalahan sungguhan. Seperti perburuan dan kekejaman pada hewan,” tulisnya dalam sebuah Instagram Story.



Bieber mempertanyakan sikap PETA yang tak menyalahkan dirinya ketika ia memelihara Oscar, anjingnya yang juga bukan hewan adopsi. Dalam unggahan terakhir, Bieber kembali menegaskan sikapnya, “PETA, selamatkan semua plastik di lautan dan jangan ganggu kucing-kucing cantikku.”

Belum berakhir, presiden PETA, Ingrid Newkirk berusaha meluruskan cara pandang Bieber dalam isu penyelamatan hewan. “Maaf, Justin, tapi kau harus memikirkan lebih dalam tentang isu ini: Ketika jutaan hewan kehilangan nyawa tiap tahunnya karena tidak ada cukup orang yang mengadopsi – bukan membeli. (Masalah) kelebihan populasi hewan adalah ‘masalah sungguhan’,” ujar Newkirk.

Newkirk menutup pernyataannya dengan kembali mendesak Bieber untuk melihat dari pandangan hewan-hewan yang terlantar. Ia juga memintanya untuk memanfaatkan kekuatan pengaruhnya untuk melakukan hal-hal baik.

Berdasarkan Savannah Cat Assotiation, kucing Savannah adalah hasil persilangan antara kucing liar dan kucing domestik yang tak boleh dipelihara di beberapa negara di Amerika.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Instagram @justinbieber
Editor: Indra M