Dikawal Ekstra Ketat, Dua Terduga Teroris Muarabungo Dibawa ke Jakarta

Dikawal Ekstra Ketat, Dua Terduga Teroris Muarabungo Dibawa ke Jakarta

RADAR MALANG ONLINE – Penanganan terduga teroris di Muarabungo, Kabupaten Bungo terus berlanjut. Anggota Densus 88 Anti Teror, Kamis (7/6) membawa keduanya ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih intensif. Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Kuswahyudi Tresnadi. Kata Dia, proses pemeriksaan di Mako Brimobda Jambi sudah selesai dilakukan.

“Dua terduga teroris sudah dibawa ke Jakarta,” ujar AKBP Kuswahyudi Tresnadi seperti dikutip Jambi Ekspres ( Jawa Pos Group), Selasa (19/6).

Menurutnya, keduanya dibawa menggunakan pesawat dan dijaga ketat oleh anggota Densus 88 Anti Teror. Mereka dibawa sebelum Hari Raya Idul Fitri. “Dibawa sebelum lebaran kemarin,” katanya.

Ilustrasi penangkapan terduga teroris kembali dilakukan Densus 88 di Muarabungo Jambi (DOK.JAMBI EKSPRES/JPG)

Keduanya yakni MH dan SR warga Muarobungo. Sebelumnya, sempat ditahan di Mako Brimob Detasemen B Pamenang, namun Jumat (8/6) lalu mereka dipindahkan ke Mako Brimob Polda Jambi.



Setelah ditangkap, MH dibawa ke kediamannya di Jalan Sri Soedewi Keluraha Bungo Barat, Kecamatan Pasar Muara Bungo.

Dari kediamannya, diamankan laptop, busur dan anak panah. Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB Densus 88 kembali menangkap SR di depan masjid Raya Pasar Muara Bungo. SR dibawa ke kediamannya di Kelurahan Tanjung Gedang oleh petugas untuk mencari barang bukti. Saat digeledah ditemukan buku dan pasport miliknya.

Informasi yang dihimpun Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), MH diduga merupakan jaringan Khilafatul Muslimin yang menjadi bagian dari Jamaah Anshorud Daulah Khilafah Nusantara (JADKN). Dia merupaka rekan diskusi almarhum Eka Fitra Akbar (salah satu pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya) di Masjid Al Furqon Islamic Center Kabupaten Bungo.

Sementara SR awalnya merupakan jamaah rutin kajian Ilmiah Salafy As Sunah yang diselenggarakan di Masjid yang sama. Akhirnya Dia juga bergabung dengan kelompok kajian almarhum Eka Fitra Akbar.

(nas/jpg/JPC)