‘Dihajar’ Hujan Tiga Jam, Kota Batu Alami Tiga Bencana

KOTA BATU – Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Batu siang tadi, antara pukul 14.00 hingga 17.00. Akibatnya, tiga bencana sekaligus pun terjadi.

Bencana pertama adalah melubernya air dari saluran irigasi akibat ambrolnya plengsengan di Jalan Durian RT 2 RW 2, Songgoriti, Kelurahan Songgokerto.

Bencana kedua, banjir lumpur di Jalan Arumdali, Songgokerto. Sementara bencana ketiga adalah tanah longsor di Jalan Raya Payung 3.

“Kami tidak menyangka kalau airnya sampai masuk rumah. Biasanya kalau banjir hanya sampai teras saja,” beber Suwono pemilik rumah yang terdampak banjir.

Untungnya, bencana ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Pun demikian, kerugian materiilny apun tidak begitu besar.

Terpisah, Kasi Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, ada beberapa upaya yang dilakukan untuk menangani tiga bencana tersebut.

Untuk pembersihan material lumpur misalnya, BPBD Kota Batu menggunakan water canon.

“Yang banjir juga sudah diatasi dengan membuka sumbatan air. Untuk kerugian materiil sendiri sampai saat ini tengah kami hitung,” paparnya.

Lebih lanjut, Rochim mengatakan bahwa BPBD Kota Batu masih mewaspadai bencana-bencana yang mungkin muncul dalam beberapa waktu ke depan. Apalagi, intensitas hujan masih cukup tinggi.

BPBD Kota Batu pun menyebar anggotanya untuk bersiaga di sejumlah kawasan. Di antaranya di Kelurahan Sisir, Kelurahan Temas, jurang Klemuk, serta kawasan Payung.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Istimewa

Editor : Indra M