Digunduli Vietnam, Garuda Muda Gagal Raih Emas SEA Games 2019

Evan Dimas Ungkap Bisikan Indra Sjafri Setelah Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Final - JPNN.com

Selasa, 10 Desember 2019 – 21:54 WIB

Pemain Timnas Indonesia U-23 Evan Dimas (tengah) selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12). FOTO: ANTARA/Sigid K

jpnn.com, MANILA – Timnas Indonesia U-23 gagal meraih medali emas SEA Games 2019 setelah takluk 0-3 dari Vietnam dalam laga final di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Selasa (10/12) malam.

Tiga gol Vietnam yang memupus harapan Indonesia dicetak oleh Doan Van Hau pada menit ke-40 dan ke-73, serta Do Hung Dung pada menit ke-59.

Dalam laga itu, Indonesia tampil dengan starter yang berbeda dari biasanya. Egy Maulana Vikri yang biasanya menjadi andalan kini harus duduk di bangku cadangan, sedangkan posisinya digantikan Witan Sulaeman.

Selain Egy, pemain lain yang biasanya cadangan tetapi masuk skuat inti ialah Sani Rizki Fauzi. Dia menggantikan Syahrian Abimanyu.

Sayang, pergantian itu tak efektif. Para penggawa Indonesia yang berusaha menekan Vietnam malah sering kehilangan bola.

Vietnam menerapkan pressing ketat terhadap pergerakan pemain-pemain Indonesia. Di sisi lain, daya gedor lini tengah Indonesia berkurang setelah Evan Dimas mengalami cedera pergelangan kaki kiri pada menit ke-21 lantaran dihantam Doan Van Hau.

Puncaknya, sebuah serangan cepat Vietnam memaksa lini belakang Indonesia melakukan pelanggaran. Alhasil, Vietnam memperoleh tentangan bebas yang dimanfaatkan secara baik.

Pada menit ke-40, Doan Van Hau membobol gawang Nadeo usai memanfaatkan umpan dari sepakan bebas Do Hung Dung. Skor 0-1 untuk Vietnam itu bertahan sampai jeda babak pertama.