Digadang-gadang Jadi Menristekdikti, Ilham Habibie: Saya Siap!

KOTA MALANG – Jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan wakilnya Ma’ruf Amin, beredar daftar nama menteri 2019-2024. Salah satunya ada nama Ilham Akbar Habibie.

Putra dari almarhum BJ Habibie itu digadang-gadang bakal jadi Menristekdikti (Menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi) RI. Apakah Ilham sudah menerima tawaran ini dari presiden?

“Belum. Saya tidak bisa katakan itu (bakal jadi menristekdikti). Insyaallah Amin, tapi nggak tahu ya keputusan kan ada di beliau (Jokowi), bukan saya,” kata Ilham Habibie, usai mengisi acara di Graha Cakrawala UM, Kamis (17/10).

Ketua Tim Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional itu meminta media agar menunggu kabar langsung dari istana negara. Ia sendiri mengaku belum diajak berdiskusi Jokowi sama sekali tentang perihal ini.

“Kalau diputuskan demikian (jadi Menristekdikti), saya siap! Tapi ya tunggu saja, bisa jadi iya bisa jadi nggak kan,” ungkapnya bersemangat.

Ditanyai pengembangan apa yang bakal dikerjakan jika menjadi Menristekdikti, ia enggan menjawab. “Saya sampaikan kalau jadi saja. Kalau sekarang saya tidak akan menyampaikan apa-apa,” ujarnya sambil tertawa.

Namun menurutnya saat ini kondisi perguruan tinggi di Indonesia sudah mulai membaik. Namun ke depan kualitasnya harus di tingkatkan. Agar perguruan tinghi di Indonesia bisa masuk top 100 dunia.

“Itu kan sebuah mimpi ya. Sekarang Indonesia kan ada perguruan tinggi yang masuk 500 besar. Kita kan negara besar, harusnya bisa masuk top 100,” tandasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Foto: Laoh Mahfud
Editor: Indra M