Didukung Jadi Obat Herbal, Begini Proses Penelitian Akar Bajakah

JawaPos.com – Dalam dunia kesehatan, juga dikenal metode pengobatan dengan bahan-bahan herbal. Nama ilmunya disebut fitofarmaka. Melihat viralnya akar bajakah yang dikatakan bisa menyembuhkan kanker payudara, Kementerian Kesehatan mendorong pengujian lebih lanjut. Terlebih sebagai obat herbal.

Kepala Balitbang Siswanto mengungkapkan, bajakah dalam bahasa Dayak artinya akar-akaran. Jadi bajakah bukanlah nama spesies tanaman. Sehingga harus melewati beberapa tahapan uji penelitian yang panjang.

Dengan demikian, klaim yang mengatakan akar bajakah mampu mengobati kanker, menurutnya masih terlalu dini. Lalu, bagaimana tahapan penelitiannya?

Menurutnya, obat bahan alam dari tanaman, biasanya pendekatannya dalam bentuk ekstrak. Uji yang harus dilakukan juga melewati beberapa tahap hingga diujicobakan pada manusia.



“Untuk menuju fitofarmaka, ada uji pre klinik, uji sel lainnya untuk kanker payudara, lalu kemudian baru dengan uji mencit (tikus) lalu lanjut ke manusia,” katanya dalam konferensi pers di Gedung Kemenkes, Senin (26/8).

Dia juga menegaskan bahwa penelitian dilanjutkan untuk meninjau cara kerja, keamanan, dan manfaatnya. Terkait dengan ekstrak efek anti-kanker, maka harus diuji pada sel lain.

“Dan di dalam uji pada manusia, langkahnya masih panjang, sinergi masih penting, bisnis industri juga. Itu harus sama-sama tentunya. Balitbang sedang semangat untuk isu ini yang jadi potensi,” ungkap Siswanto.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memastikan penelitian lebih lanjut akan didukung oleh Balitbang Kemenkes. Dukungan termasuk soal riset klinis dan pembiayaan atau dana riset

“Nanti dari Litbangkes, mereka mau melanjutkan penelitian. Ini kami kawal, pendanaan juga bisa. Riset klinis dari Litbangkes akan koordinasi. Kami akan terbuka,” tutup Menteri Nila.

Dalam kesempatan yang sama, baik Yazid Rafi Akbar maupun Anggina Rafitri dan Aysa Aurealya Maharani, mengharapkan temuannya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Tentunya setelah diteliti lebih lanjut oleh para ahli. Sebab ketiganya mengakui kalau temuan manfaat akar bajakah ini masih sangat awal.

“Diharapkan juga diteliti oleh para ahli. Gubernur juga berikan dukungan penuh untuk penelitian ini. Harapan kami akar bajakah sebagai obat kanker dan jadi solusi bagi kemanusiaan,” jelas mereka bertiga.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani